• Kebakaran Lahan Mulai Marak Di Kalteng

    0

         Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Brigong Tom Mandez mengakui kebakaran hutan dan lahan mulai marak, bahkan merata terjadi di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng.
    Kebakaran yang terjadi di sejumlah Kabupaten/kota se-Kalteng itu mayoritas di lahan warga maupun hutan dan belum ada area perusahaan besar swasta (PBS), kata Brigong di Palangka Raya, Selasa.
    “Kalau untuk Kabupaten yang telah terjadi kebakaran hutan dan lahan, yakni Barito Selatan, Kapuas, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Katingan, Sukamara dan Kota Palangka Raya,” katanya.
    Upaya menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di provinsi nomor dua terluas di Indonesia ini, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) telah menggeser dua unit helikopter jenis Bell 214 dari Riau.

         Brigong mengatakan, dua helikopter tersebut telah berada di Kalteng dan mulai melakukan pemadaman. Keberadaan dua helicopter tersebut sangat membantu tim darat melakukan pemadaman di lahan maupun hutan yang mulai terbakar.
    “Kita sekarang ini juga sedang mengurus ke BNPB agar menambah jumlah helikopter. Sedangkan mengenai pendanaan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan sampai sekarang tidak ada masalah,” ucapnya.
    Walau telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah, namun status provinsi berjuluk “Bumi Pancasila-Bumi Tambun Bungai” ini tetap siaga karhutla dan belum ada rencana menaikkan status.
    Dia mengatakan,n penetapan status siaga darurat karhutla yang telah ditandatangani Gubernur Sugianto Sabran tetap berlaku mulai 11 Juli hingga 8 Oktober 2016.
    “Kami berharap bantuan dari semua pihak untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya karhutla. Jangan sampai bencana kabut asap seperti tahun 2015 tidak lagi terjadi di tahun 2016 dan seterusnya,” demikian Brigong.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com