• KALTIM Gelar Lomba Penulisan Esai Dan Feature

    0

    Samarinda, jurnalsumatra.com – Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur menggelar lomba penulisan esai dan feature untuk mahasiswa dan umum, dalam rangkaian peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2016 dengan hadiah yang disiapkan sebesar Rp9.750.000.
    “Mulai saat ini naskah sudah boleh dikirim ke panitia. Peserta lomba penulisan selain mahasiswa dan umum, guru juga bisa ikut, sepanjang peserta merupakan warga Provinsi Kalimantan Timur maupun Provinsi Kalimantan Utara,” ujar Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kaltim Imam Budi Utomo di Samarinda, Selasa.
    Menurutnya, naskah boleh dikirim langsung atau melalui pos ke alamat Kantor Bahasa Kaltim, Jalan Batu Cermin 25, Samarinda. Naskah paling lambat dikirim ke panitia pada 1 Oktober 2016 (stempel pos).
    Karya esai yang diikutkan lomba berkaitan dengan aspek kesastraan, kebahasaan, atau kebudayaan. Sedangkan penulisan feature berkaitan dengan tokoh kebahasaan dan kesastraan baik di Kaltim maupun Kaltara.
    Karya tulis peserta tidak mengandung unsur suku, agama, ras, dan antaragolongan (SARA) maupun unsur pornografi. Karya harus asli, bukan saduran atau terjemahan, belum pernah diterbitkan, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun.
    Karangan diketik menggunakan aplikasi MS Word, kertas kuarto, huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, dengan panjang tulisan 5-10 halaman.
    Naskah dikirim ke panitia sebanyak empat rangkap dilampiri biodata, alamat lengkap, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan fotokopi KTP atau Kartu Mahasiswa, atau identitas lain.
    “Peserta diperbolehkan mengikuti kedua kategori lomba esai dan feature tersebut, namun peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu judul karya untuk masing-masing kategori. Naskah yang masuk akan menjadi milik panitia,” kata Imam.
    Naskah yang masuk langsung dinilai oleh tim juri. Penilaian esai dan feature meliputi substansi, kebaruan dan kepaduan isi, gaya penulisan, dan kebahasaan.
    Tim juri terdiri atas peneliti, akademisi, pekerja media, praktisi bidang kebahasaan dan kesastraan. Dilibatkannya banyak pihak dalam tim juri ini agar proses penilaiannya memiliki bobot yang baik.
    Enam pemenang untuk masing-masing kategori akan diumumkan pada 15 Oktober 2016. Pemenang pertama mendapat uang pembinaan Rp3.000.000, jua dua Rp2.500.000, juara 3 Rp2.000.000, harapan 1 Rp1.000.000, harapan 2 Rp750.000, dan harapan 3 Rp500.000. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com