• JKG-31 Kloter Pertama Gunakan Bus Upgrade Jeddah-Mekkah

    0

        Mekkah, jurnalsumatra.com – Jamaah kelompok terbang (kloter) 31 embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG-31) menjadi kloter pertama yang menggunakan bus upgrade rute Jeddah-Mekkah setelah pengajuannya disetujui oleh Menteri Haji Arab Saudi Ahmad bin Sholeh Banten.
    “Alhamdulillah untuk kloter pertama ini JKG31 ini bisa dilakukan. Untuk seterusnya upgrade sampai akhir. Sekitar 84 kloter yang tersisa akan melayani upgrade. Jumlah jamaahnya sekitar 34.300an (hingga 5 September),” kata Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Chalid ketika dihubungi dari Mekkah, Arab Saudi, Selasa.
    JKG 31 tiba di Bandara King Abdul Aziz pada Selasa pukul 03.30 waktu Arab Saudi sebelum kemudian diberangkatkan ke Mekkah setelah semua jamaah mengambil miqat atau niat berihram.
    Menurut Subhan, tertundanya upgrade atau peningkatan kualitas bus karena ada pergantian menteri di Arab Saudi.

        “Waktu itu atas persetujuan naqabah, dibicarakan dengan kementerian haji yang lama. Kemudian pada bulan Ramadhan kemarin menteri haji yang lama diganti lalu kita minta surat lagi tentang persetujuan upgrade Jeddah-Mekkah. Menteri baru minta waktu untuk dipelajari,” katanya.
    Naqabah adalah perusahaan yang mengurusi transportasi.
    Lalu, tambah dia, dua hari jelang operasional Jeddah,  Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengirimkan surat pada Menteri  Ahmad bin Sholeh Banten.
    “Kemarin kita mendapat informasi dari menteri haji setuju upgrade,” katanya.
    Setelah mendapatkan kepastian tim transportasi PPIH menurut Subhan langsung menuju Jeddah untuk membereskan perizinannya sehingga Selasa (30/8) dini hari dapat segera beroperasi.
    Bus baru tersebut tampak masih terbungkus plastik tempat duduknya. Empat perusahaan transportasi yang akan memasok armada upgrade itu yaitu Saptco, Rawahel, Rabitat dan Qawafil.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com