• Iwapi Bina Wanita Raja Ampat

    0

         Manokwari, jurnalsumatra.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Provinsi Papua Barat akan menggelar pelatihan produksi ikan kering bagi ratusan pelaku usaha dari kalangan wanita di Kabupaten Raja Ampat.
    “Kami ingin wanita di Raja Ampat mengambil peran penting dalam menunjang program pariwisata. Produksi ikan potensial dikembangkan sebagai ‘oleh-oleh’ yang bisa dibawa para wisatawan saat melakukan perjalanan wisata di situ,” kata Sekretaris Iwapi Papua Barat Ramlah Syafe’i di Manokwari, Jumat.
    Dia menjelaskan, program ini dilaksanakan  bekerjasama dengan Iwapi pusat, Kementerian Kelautan dan perikanan serta beberapa lembaga dan kementerian terkait.
    Ramlah mengutarakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Oktober 2016. Sebanyak 100 peserta akan terlibat dalam pelatihan tersebut.
    “Anggota Iwapi tersebar di 12 kabupaten/kota Papua Barat. Anggota kami bergerak di bidang usaha kecil, mikro dan menengah. Ada yang menggeluti usaha salon dan industri olahan seperti abon dan usaha lainnya,” kata dia.

         Beberapa waktu lalu, Iwapi melaksanakan pelatihan usaha  produksi atau daur ulang sampah plastik menjadi barang yang layak jual. Saat ini beberapa anggotanya sudah fokus menggeluti usaha tersebut.
    Ramlah menjelaskan, pelatihan usaha produksi menjadi fokus  pembinaan Iwapi Papua Barat. Dia ingin setiap ibu rumah tangga di daerah tersebut memiliki penghasilan untuk menopang ekonomi keluarga.
    “Saat ini kami sudah memiliki empat kelompok binaan, diantaranya di Manokwari ada kelompok usaha produksi abon ikan, di Fakfak kelompok usaha produksi jus dan sirup pala,” ujarnya lagi.
    Pihaknya akan mengupayakan bantuan dari Iwapi pusat berupa mesin kemasan. Ia ingin produksi makanan olahan yang kembangkan anggota dan binaan Iwapi dikemas secara menarik dan higienis.
    Selain itu, pihaknya pun sudah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.
    “Kerja sama tersebut dilakukan dari pusat hingga daerah. Kami pun sudah menjalin kerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com