• IMD Kurangi “Penderitaan” Ibu Menyusui

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Presenter cantik Melaney Ricardo mengatakan inisiasi menyusui dini (IMD) mengurangi “penderitaan” ibu saat menyusui.
    “IMD mempengaruhi sekali kesuksesan dalam menyusui.  Menyusui itu paling berat sebulan pertama karena puting lecet dan sebagainya ,  tapi dengan IMD hal itu berkurang,” ujar Melaney saat konferensi pers di Jakarta,  Kamis.
    Kesuksesan dalam IMD,  lanjut istri Tyson Lynch itu,  terbukti membuat anak keduanya itu lebih jago menyusu dibanding anak pertamanya, Chloe.
    “Courage ini nyusunya lebih jago dibanding kakaknya”
    IMD adalah usaha aktif bayi dalam menyusu pada satu jam kelahirannya. IMD sangat penting dalam menentukan suksesnya pemberian ASI eksklusif. IMD tak boleh dilewatkan, kecuali dalam kondisi medis tertentu.
    Melaney bertekad memberikan ASI eksklusif kepada anak keduanya itu.  Sebelumnya,  ia pun sukses memberikan ASI eksklusif pada anak keduanya.
    Oleh karena

    itu,  meski sibuk bekerja ke sana ke mari,  ia tetap memompa ASI meski terkadang agak kerepotan.
    “Ibu-ibu jangan putus asa dalam memberikan ASI. Empat hari ga keluar,  jangan buru-buru kasih susu formula,” imbuh dia.
    Sementara itu,  dokter spesialis anak dari RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta,  dr Naomi Esthernita SpA(k),  mengatakan ASI merupakan hak asasi bagi setiap bayi.
    “ASI mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi selama masa tumbuh kembang terutama pada usia dua tahun pertama anak,”  kata Naomi.
    ASI merupakan cairan biologis yang dinamis dan kompleks,  yang terdiri atas 200 zat aktif termasuk imunoprotektor,  enzim,  hormon,  vitamin,  faktor pertumbuhan,  dan nutrisi penting lainnya.
    “Komposisi ASI akan berubah dari hari ke hari,  sesuai dengan kebutuhan bayi”
    Dalam memberikan ASI,  sang ibu harus diberikan dukungan oleh keluarga terdekatnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com