• IKAPPI Upayakan Bantuan Korban Kebakaran Dari Kementerian

    0

         Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) berjanji mengupayakan bantuan modal dari Kementerian Perdagangan untuk ratusan korban kebakaran Pasar Besar Palangka Raya.
    “Kami akan sampaikan ke Kementerian Perdagangan terkait kejadian kebakaran yang menghanguskan ratusan kios di Pasar Besar ini. Mudah-mudahan kementerian dapat memberikan bantuan kepada para korban,” kata Ketua DPD Ikappi, Abdullah Mansuri di Palangka Raya, Jumat.
    Abdullah berharap Kementerian Perdagangan segera memberikan bantuan baik berupa modal ataupun bantuan lainnya seperti tempat penampungan sementara untuk berjualan.
    Pernyataan itu dikatakan Abdullah saat bersama beberapa pengurus DPP dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikappi Kalteng mengunjungi bekas kios yang terbakar pada Selasa (19/8) dinihari lalu.
    Abdullah mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya untuk segera menyelesaikan pendataan dan segera memberikan bantuan kepada korban.

         “Meski pasar itu bukan milik pemerintah daerah, namun sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menjamin kesejahteraan warganya. Untuk itu kami meminta pemerintah hadir dengan memberikan bantuan modal dan tempat relokasi sementara,” katanya.
    Dia mengatakan, kebakaran tersebut tak hanya berdampak pada pemilik ruko namun berimbas juga pada keluarga korban karena rata-rata aktivitas berjualan menjadi mata pencaharian utama.
    “Pemerintah harus hadir dan memberikan stimulus agar para korban tidak terlalu lama menanggung kesedihan. Tim investigasi yang kami bentuk juga telah bergerak. Malam ini laporan dan temuan di lapangan akan kami diskusikan. Segera kami akan buat rekomendasi kepada pemerintah,” katanya.
    Ketua DPD Ikappi Kalteng, Sasongko Yuwono menambahkan, pihaknya juga akan terus mengawal terhadap nasib ratusan korban kebakaran kios pasar.
    “Harapan kita bersama agar pemerintah ini dapat segera hadir ditengah para korban sehingga roda perekonomian yang sempat terhenti akibat musibah kebakaran dapat segera berputar kembali,” kata Sasongko.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com