• Harga Sayuran Hijau Di Pontianak Naik Drastis

    0

        Pontianak, jurnalsumatra.com – Harga sejumlah jenis sayuran hijau di Kota Pontianak naik drastis hingga ratusan persen seiring menipisnya pasokan karena dampak curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir.
    “Sebelumnya harga sawi keriting kalau normal perkilogram hanya Rp6 ribuan-Rp10 ribuan saja. Sekarang Rp30 ribu,” ujar Hayan, salah seorang pedagang di Pasar Flamboyan Pontianak, Senin.
    Menurut dia, pasokan di pasar menurun karena sebelumnya tanaman sayur petani mayoritas terendam banjir.
    “Kalau musim hujan atau tepatnya banjir dipastikan harga sayur naik. Stok tidak ada. Sayur petani banyak yang busuk,” kata dia.
    Selain sawi keriting, kenaikan harga juga dialami bayam. Kemudian saat ini juga harga kangkung naik menjadi Rp20 ribu perkilogram.

       “Daun ubi juga ikutan naik. Sayur daun ubi meski tidak terpengaruh karena banjir, namun karena pengaruh sayur lainnya langka jadi permintaan banyak sehingga harganya naik juga. Naiknya daun ubi hampir 300 persen,” katanya.
    Sementara  untuk sembako di Pontianak, yang masih menonjol kenaikannya adalah pada gula pasir dan bawang merah. Untuk harga gula pasir masih pada kisaran Rp15 ribu – Rp16 ribu. Sementara untuk bawang merah lokal harga kisaran Rp30 ribu-Rp45 ribu perkilogram.
    Sedangkan untuk harga ikan sendiri di Pasar Flamboyan Pontianak sudah normal dan stabil. Untuk daging ayam masih berada di harga kisaran Rp31 ribu dan harga dagin sapi Rp126 ribu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com