• Dukcapil Mataram Kehabisan Blangko E-KTP

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com-  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, kehabisan stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), karenanya Dukcapil hanya bisa mengeluarkan surat keterangan pengganti e-KTP.
    “Blangko e-KTP kita sudah habis sekitar dua minggu lalu, sementara untuk melayani masyarakat yang membutuhkan KTP kami memberikan surat keterangan pengganti e-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram H Ridwan di Mataram, Kamis.
    Menurutnya, surat keterangan pengganti e-KTP hanya boleh diberikan kepada warga yang sudah merekam dan masuk dalam data base.
    Dengan demikian, hingga saat ini surat keterangan pengganti e-KTP yang telah dikeluarkannya telah mencapai ratusan lembar.
    “Begitu blangko yang kita usulkan sebanyak 7.000 keping datang, warga penerima surat keterangan pengganti e-KTP bisa menukarkannya dengan e-KTP,” ujarnya.
    Sedangkan masyarakat yang ingin melakukan perubahan data terhadap e-KPT seperti dari status belum kawin menjadi kawin dan data lainnya diharapkan bersabar hingga blangko e-KTP datang.
    Akan tetapi, lanjutnya, blangko e-KTP nampaknya belum dapat dikirim dalam waktu dekat ini sebab informasi dari Dirjen Administrasi Kependudukan (Adminduk), penerbitan blangko e-KTP masih dalam  proses tender.
    “Harapan kita, semoga proses tender blangko e-KTP bisa lancar dan blangko dapat segera diterbitkan,” katanya.
    Menurutnya, animo masyarakat untuk membuat e-KTP di Kota Mataram sangat tinggi, hal itu terbukti dengan tingginya ermohonan penerbitan e-KTP dalam sehari rata-rata mencapai 200 pemohon.
    Sementara untuk penerbitan e-KTP sehari bisa mencapai 300-400 keping, karena itu sisa blangko akhir awal Juli sebanyak 1.500 keping habis dalam waktu dua minggu.
    Padahal, Ridwan sebelumnya, memprediksi sisa blangko itu bisa untuk memenuhi kebutuhan sekitar satu bulan setengah.
    “Tingginya animo masyarakat memiliki e-KTP juga terlihat dari capaian Kota Mataram dalam kepemilikan e-KPT per bulan Juli 2016 sekitar 97-99 persen,” kata Ridwan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com