• Dubes RI Siap Beri Dukungan Maksimal

    0

       Rio de Janeiro, jurnalsumatra.com – Duta Besar Indonesia untuk Republik Federal Brazil, Toto Riyanto menyatakan siap memberi dukungan dan bantuan secara maksimal bagi kontingen Indonesia yang sedang mengikuti Olimpiade ke-31 di Rio de Janeiro.
    “Saya sebagai duta besar tentunya akan membantu dengan apa yang saya bisa, untuk mendukung kontingen olahraga kita yang sedang berada di Brazil,  yang tentunya juga untuk kepentingan Indonesia,ż kata Dubes Toto Riyanto ketika meninjau latihan atlet-atlet angkat besi Indonesia di Rio de Janeiro, Rabu malam (Kamis WIB).
    Kedutaan besar Indonesia sendiri sebenarnya berada di Brasilia, Ibukota Brazil, namun selama berlangsungnya Olimpade, sebagian besar stafnya pindah ke Rio de Janeiro.
    “Sekitar 60 persen staf di kedutaan kami kirim ke Kota Rio de Janeiro, agar dapat optimal membantu keperluan kontingen Indonesia,” katanya.
    Selain ke arena latihan angkat besi, Dubes Toto juga melakukan peninjauan ke tempat latihan cabang olahraga lainnya, serta ke perkampungan atlet.
    Bahkan Dubes Toto juga menyempatkan diri meninjau atlet-atlet bulu tangkis Indonesia yang sedang melakukan latihan di Kota Sao Paolo.
    Di antara dukungan yang diberikan adalah koordinasi dengan kontingen Indonesia dalam keperluan transportasi, akomodasi, petugas penerjemah, dan juga konsumsi bagi para atlet, yang tidak semuanya cocok dengan makanan yang disediakan panitia setempat.

        Selain itu pihak kedutaan RI juga aktif memberi informasi terkait kebijakan Pemerintah Brazil yang perlu diketahui atlet-atlet Indonesia.
    “Misalnya soal wabah zika, kami sampaikan bahwa pemerintah Brazil sudah melakukan upaya maksimal untuk pencegahan penyakit tersebut. Di perkampungan atlet dapat kita lihat secara rutin dilakukan ‘fogging’,” katanya.
    Demikian juga soal keamanan, untuk membuat semua delegasi merasa nyaman, pemerintah setempat mengerahkan ribuan personel keamanan di berbagai tempat. Pemeriksaan ketat juga dilakukan di semua venue Olimpiade.
    Sementara itu mengenai pengerahan suporter bagi atlet-atlet Indonesia saat bertanding, Dubes Toto mengakui hal tersebut agak sulit dilakukan secara maksimal karena tidak banyak warga Indonesia yang  berdomisili di Rio de Janeiro.
    “Yang banyak di Sao Paolo, ada sekitar 400 kepala keluarga asal Indonesia. Tapi kami akan berusaha mengorganisir suporter untuk tim kita. Kalau perlu kita semua dari kedutaan, delegasi dan juga wartawan Indonesia  ikut jadi suporter,” tambahnya.
    Ketua Kontingen Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari juga mengakui bahwa dukungan dari kedutaan besar Indonesia di Brazil cukup optimal.
    “Kami banyak terbantu, saya acungkan dua jempol bagi pak Dubes,” kata Oktohari.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com