• Dua Hal Penting Dalam Peringatan Hari Konstitusi

    0

         Jakarta, jurnalsumatra.com – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan ada dua hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dari penetapan Hari Konstitusi pada 18 Agustus yang diperingati pada hari ini.
    “Kedua hal penting itu soal sejarah bangsa dan kesadaran berkonstitusi,” kata Zulkifli Hasan pada peringatan Hari Konstitusi yang diselenggarakan MPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.
    Hadir pada kegiatan tersebut, antara lain, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim, para Wakil Ketua MPR RI, dan para Wakil Ketua DPR RI.
    Zulkifli menjelaskan dari kedua hal penting tersebut, pertama, agar bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sejarah lahirnya konstitusi.

         Kedua, dapat membangun kesadaran berkonstitusi bangsa Indonesia dalam rangkameningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.
    “Melalui peringatan Hari Konstitusi ini, kami pimpinan MPR RI mengajak kita seluruh rakyat Indonesia untuk senantiasa terus
    mendukung dan menambut baik setiap upaya  bersama dalam menjaga dan merefleksikan sejarah bangsa,” katanya.
    Zulkifli menambahkan, MPR RI juga mengapresiasi upaya Pemerintah dalam menjaga dan merawat nilai-nilai luhur bangsa yakni Pancasila.
    Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia NO 24 tahun 2016, kata dia, telah menetapkan bahwa tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.
    Menurut Zulkifli, keputusan Presiden Joko Widodo ini selaras dengan Keputusan Presiden No 18 tahun 2008 yang menetapkan tanggal 18 agustus sebagai Hari Konstitusi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com