• Dua Bulan terakhir, 90 Kasus Kebakaran

    0

    kebakaranPALEMBANG, jurnalsumatra.com – memasuki musim kemarau paa tahun ini Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Palembang Palembang menghimbau kepada masyarakat untuk waspada ancamana musibah kebakaran terutama dari arus pendek listrik, berdasarkan data BPBPK Palembang kasus kebakaran dua bulan terakhir mencapai 90 kasus.

    “ Sampai dengan Agustus 2016 sudah tercatat ada 85 kasus kebakaran yang terjadi. Kemudian memasuki bulan ini ini tercatat ada 5 kasus yang terjadi sehingga total ada 90 kasus kebakaran,”kata Kepala BPBPK, Edison Ahad (7/8).

    Ia menjelaskan, kebanyakan penyebab kebakaran ini yakni karena adanya hubungan arus pendek. Karena itu, pihaknya tak berhenti mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada ancamana kebakaran, karena kebakaran banyak terjadi Faktor. “Kita himbau masyarakat bisa periksa alat-alat dapur di rumah secara rutin. Kita tentu harapkan jangan sampai terjadi lagi kasus kebakaran,”jelasnya.

    Edison juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terutama saat memasuki musim kemarau saat ini. Sebab, diakui musim kemarau dengan udara kering kerap jadi penyebab terjadinya kebakaran. Karena pengaruh cuaca sehingga membuat apapun bisa mudah terbakar,” jelasnya.

    Terkait kebakaran yang terjadi pada Sabtu (6/8) lalu di empat titik lokasi yang berbeda, diakuinya merupakan kejadian yang cukup menyulitkan pihaknya. Ia mengatakan kebakaran dalam satu hari terjadi sebanyak empat lokasi yakni di wilayah Jalan Kancil Putih, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Pipa Reja, dan seputaran Kedaung.

    Wali Kota Palembang Harnojoyo berharap warga bisa selalu waspada pada bencana kebakaran. Meskipun Pemkot Palembang melalui pihak PBK telah menyiagakan personel dan relawan untuk melakukan evakuasi jika terjadi kebakaran di kawasan permukiman padat penduduk.

    Selain itu, dipersiapkan juga kendaraan kebakaran guna mengantisipasi risiko pengurangan bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa. Pihaknya menyediakann 27 unit Damkar yang tersebar diseluruh Kecamatan.

    Adapun perhatian pemerintah untuk warga yang terkena bencana, Pemkot Palembang menyediakan bantuan bencana seperti yang diberikan kepada puluhan kepala keluarga dari tujuh kecamatan yang menjadi korban bencana sepanjang 2016. Masing-masing warga penerima diberikan Rp2,7 juta sembako dan pakaian.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com