• DPU Mataram Persiapkan Tender Irigasi RP9 Miliar

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan pelaksanaan tender untuk proyek pembangunan dan perbaikan irigasi dengan total anggaran Rp9 miliar.
    Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Mataram H Mahmuddin Tura di Mataram, Senin, mengatakan jika pelaksanaan tender berjalan lancar, pengerjakan fisik dapat dilaksanakan sebelum kemudian.
    “Jadi kita targetkan, pelaksanaan fisik dimulai paling lambat bulan September 2016,” katanya.
    Menurutnya, pembukaan tender program pembangunan dan perbaikan irigasi sedikit terlambat karena adanya pemotongan dana alokasi khusus (DAK) dari program fisik sebesar 10 persen.
    Dengan demikian, perencanaanya yang sudah dilakukan dengan anggaran DAK awalnya Rp10,3 miliar harus dirasionalisasi.
    Dikatakan, pelaksanaan program pembangunan dan perbaikan irigasi dengan anggaran Rp9 miliar itu menyebar dienam kecamatan se-Kota Mataram.
    “Program irigasi selain untuk kepentingan pertanian juga bertujuan mengentasan genangan banjir, sebab kondisi irigasi yang kurang baik menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir ataupun genangan,” ujarnya.
    Menurut Mahmuddin, terjadinya banjir dan genangan saat musim hujan salah satunya disebabkan banyaknya saluran drainase berubah fungsi atau bahkan berfungsi ganda.
    “Artinya, dari hanya berfungsi menjadi saluran drainase tetapi karena kebutuhan berubah menjadi saluran irigasi, bahkan ada yang berfungsi ganda,” katanya.
    Perubahan fungsi ini diakui, memang disebabkan tingginya alih fungsi lahan yang terjadi di kota ini, baik untuk perumahan, rumah toko (ruko), perkantoran maupun pembangunan jalan.
    Mahmuddin mengatakan, melihat pertumbuhan di Kota Mataram alih fungsi lahan tentu tidak bisa dihindari dan akan terus terjadi.
    Namun hal itu tidak menjadi masalah asalkan ketika masyarakat melakukan alih fungsi lahan hendaknya mencari solusi untuk memindahkan saluran irigasi yang sudah ada, jangan sampai saluran ditutup.
    “Untuk itu, melalui DAK tersebut kami akan melakukan penataan secara bertahap guna mengurangi terjadinya genangan dan antisipasi banjir,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com