• DPRD NTT Dukungan Syarat Minimal Caleg

    0

        Kupang, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur Nelson Matara mendukung kebijakan syarat minimal keanggotaan satu tahun di partai politik bagi calon anggota legislatif (caleg).
    “Setuju dengan syarat minimal satu tahun, biar tidak ada lagi politisi kutu loncat menjelang pemilu,” kata Nelson Matara kepada Antara di Kupang, Senin, terkait syarat minimal calon anggota legislatif.
    Pemerintah mengusulkan draf RUU Pemilu soal syarat minimal keanggotaan partai bagi calon anggota legislatif. Saat ini draf RUU Pemilu memasuki tahap akhir dan akan diserahkan kepada DPR pada September mendatang.
    Dalam draf RRU Pemilu tersebut, calon anggota legislatif harus tercatat aktif di partai politik minimal satu tahun di partai politik tersebut.
    Menurut politisi dari F-PDI Perjuangan itu, syarat minimal itu tidak hanya berlaku bagi calon anggota legislatif dari kalangan artis tetapi juga semua pihak yang berkeinginan untuk menjadi caleg.

        “Aturan itu positif bagi caleg dan partai, karena menguntungkan kedua belah pihak agar paham prinsip dan visi-misi partai sebelum terjun ke gelanggang politik yang sesungguhnya,” katanya.
    Dia mengatakan, dalam sistem pemilu di Indonesia, siapa pun yang ingin menjadi anggota DPR harus tahu partainya dan memahami visi misi partai.
    “Selama ini banyak caleg yang tidak tahu prinsip dan visi-misi perjuangan partai, karena usianya di parpol masih relatif singkat,” katanya.
    Anggota Tim Pakar Pemerintah dalam Penyusunan Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu, Dani Syarifudin Nawawi, mengatakan pemerintah mengusulkan memperketat syarat untuk calon anggota legislatif.
    Dani mengatakan para calon harus tercatat aktif di partai politik minimal satu tahun di parpol tersebut.
    “Karena dia artis atau punya duit atau apalah. Minimal satu tahun jadi anggota partai,” kata Dani di Jakarta, Minggu (21/8).
    Menurut dia, hal itu untuk menghindari calon legislatif yang sama sekali belum terlibat dalam dunia politik tapi tiba-tiba mencalonkan diri.
    Dani mengatakan saat ini pembahasan draf RUU Pemilu sudah memasuki tahap akhir dan akan diserahkan kepada DPR pada September mendatang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com