• DPRD Kalsel Datangi Kementan

    0

         Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kalimantan Selatan mendatangi Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia di Jakarta, Jumat.
    “Kunjungan kerja (kunker) ke luar daerah kali ini, kami menjadwalkan ke Kementan dengan sasaran utama Badan Ketahanan Pangan Nasional (BKPN),” ujar anggota Komisi II DPRD Kalsel H Suripno Sumas sebelum ke kementerian/BKPN tersebut.
    Ia menyatakan, selaku mitra kerja atau yang membidangi pertanian, Komisi II DPRD Kalsel perlu membicarakan masalahan ketahanan pangan nasional dengan instansi terkait pada tingkat pusat, guna sinkronisasi kebijakan program ketahanan pangan.
    “Apalagi terkait dengan nawacita kepemimpinan nasional Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dibidang pertanian, terutama mewujudkan kedaulatan pangan,” ujar pensiunan pegawai negeri sipil yang bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa itu.
    Selain itu, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel 2016 -2021, provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dan daerah agraris mau menjadi lumbung pangan nasional, lanjut wakil rakyat bergelar sarjana hukum dan magister hukum tersebut.

         Ia menambahkan, berdasarkan keterangan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, produksi padi di provinsi yang kini berpenduduk mencapai empat juta jiwa, terus mengalami peningkatan dalam sepuluh tahun terakhir.
    “Bahkan perbandingan antara produksi padi dengan kebutuhan penduduk, tiap tahun kita selalu mengalami surplus, kendati seperti tahun 2014 produksi padi Kalsel mengalami penurunan bila dibandingkan 2013,” alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu.
    Begitu pula berdasarkan keterangan dari Dinas Peternakan provinsi setempat, Kalsel sudah swasembada daging, bahkan juga surplus, kutip Suripno Sumas.
    Dari kabupaten/kota se-Kalsel yang merupakan sentra pertanian atau lumbung padi selama ini, antara lain daerah hulu sungai atau “Banua Anam” serta Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).
    Banua Anam Kalsel meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com