• DPRD Berharap Pengurus PHDI Rangkul Kepentingan Umat

    0

    Denpasar, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi IV DPRD Bali Nyoman Parta mengharapkan kepengurusan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat yang akan datang agar mampu merangkul kepentingan semua umat yang ada di tanah Air.
    “Saya berharap kepemimpinan PHDI Pusat, agar mampu merangkul umat di Indonesia, sehingga lembaga umat tertinggi tersebut akan lebih eksis,” katanya pada diskusi bertema “Mencari Ketua PHDI Pusat Dambaan Umat Hindu” di Denpasar, Kamis.
    Ia mengatakan lembaga umat harus mampu memayungi umat dan memberikan pencerahan, termasuk juga dalam tatanan upacara ritual keagamaan agar disesuaikan dengan ajaran dalam kita suci Agama Hindu.
    “Menjadi pemimpin PHDI harus mendengar aspirasi warga masyarakat, sehingga jadi dasar dalam menjalankan roda organisasi tersebut. Termasuk juga lembaga PHDI Pusat mampu memberikan pemahaman dalam melaksanakan upacara keagamaan berdasarkan sastra agama Hindu,” ucap politikus PDIP.
    Dikatakan, mencari pemimpin harus memiliki persyaratan sesuai dengan anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART). Oleh karena itu siapa pun nantinya terpilih harus menjalankan sesuai dengan aturan tersebut.
    Akademisi Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Dr. Gede Suwinda mengatakan pemimpin umat harus menguasai manajemen organisasi dan mampu menjalankan organisasi tersebut secara benar.
    “Karena itu, sebelum melakukan musyawarah nasional yang akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, panitia harus melakukan dialog atau diskusi kelompok guna mendapatkan masukan dalam pemilihan pengurus PHDI mendatang,” ucapnya.
    Sementara Ketua DPP Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Bali Ida Ayu Made Purnamaningsih mengatakan mencari pemimpin PHDI yang berbobot harus terlebih dahulu menguasai organisasi maupun pengetahuan, khususnya mengenai agama.
    “Dengan kemampuan akademisi maupun pengetahuan organisasi tersebut diharapkan pemimpin PHDI Pusat akan mampu mengemban tugas dan amanat warga masyarakat,” katanya.
    Dalam diskusi tersebut dihadiri juga dari Pengurus PHDI Pusat Putu Wirata Dwikora, serta undangan lainnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com