• DISHUBKOMINFO Akan Bangun Pos Pantau Keselamatan Laut

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan membangun pos pantau keselamatan laut untuk memudahkan pengawasan perairan pantai di kota itu.
    “Anggarannya akan kami coba untuk usulkan melalui APBD 2017,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram H Khalid di  Mataram, Senin.
    Khalid yang ditemui di sela penyerahan 300 jaket keselamatan nelayan mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum dapat menyebutkan besaran kebutuhan anggaran yang akan diusulkan.
    Pasalnya, pihaknya masih melakukan penyusunan perencanaan pembangunan posko di kawasaan sepanjang sembilan kilometer pantai Kota Mataram.
    “Kami belum tahu persis dari tiga zona ini, zona mana yang cocok untuk lokasi pembangunan pos pantau,” katanya.
    Menurutnya, pos pantau keselamatan laut ini dinilai penting sebagai salah satu pusat pemantau berbagai aktivitas masyarakat untuk keselamatan nelayan dan masyarakat.
    Apalagi, pada waktu-waktu tertentu seperti musim angin barat yang setiap tahun terjadi mulai bulan Desember hingga Maret, pemantauan harus terus dilakukan.
    “Pos pantau ini tentunya akan kita lengkapi dengan tim patroli, serta berbagai peralatan untuk mobilisasi pengawasan tengah laut seperti kapal cepat,” katanya.
    Ia menyebutkan, hingga saat ini Dishubkominfo belum memiliki fasilitas kapal cepat, sehingga ketika hendak melakukan pengawasan laut, pihaknya berkoodinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan menggunakan perahu karet.
    “Tetapi pengawasan keselamatan nelayan dan masyarakat yang beraktivitas di laut, dilakukan secara berkala dan sebatas di pinggir pantai,” kata Khalid.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com