• Disdukcapil “Jemput Bola” Perekaman E-KTP Warga Difabel

    0

          Bantul, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap ‘jemput bola’ untuk melakukan perekaman data kependudukan bagi warga difabel atau penyandang disabilitas di daerah itu.
    “Untuk ‘jemput bola’ perekaman data penduduk yang difabel kita agendakan setiap hari Sabtu, karena pada hari kerja kita tidak mungkin ke lapangan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Fenti Yusdayati di Bantul, Selasa.
    Menurut dia, upaya jemput bola dalam perekaman data untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi penyadang disabilitas guna memudahkan pelayanan akses bagi warga wajib KTP namun memiliki keterbatasan fisik tersebut.
    Namun demikian, kata dia, dalam upaya jemput bola bagi difabel, petugas yang ke lapangan didampingi dukuh setempat, untuk memastikan bahwa warga yang bersangkutan tidak bisa datang ke Kantor Disdukcapil atau kecamatan setempat.

         “Saya harus ke dukuh dulu untuk menunjukkan alamat rumah difabel dan kemudian didampingi. Ini khusus untuk warga yang tidak mungkin bergerak. Intinya kita siap ke lapangan, tapi terbatas tenaga,” katanya.
    Fenti mengatakan, sementara bagi warga difabel yang bisa beraktivitas tidak ada upaya jemput bola, namun dianjurkan datang ke kantor kecamatan atau Disdukcapil untuk rekaman mengingat keterbatasan petugas yang ada di dinas.
    “Yang difabel saya sudah sampaikan Surat Edaran (SE) Bupati Bantul kepada desa-desa untuk menyampaikan warga difabel belum rekaman e-KTP, agar kita bisa menyiapkan peralatan ‘mobile’,” katanya.
    Sementara itu, menurut dia, dari jumlah penduduk Bantul yang wajib mempunyai KTP sekitar 600 ribu jiwa, hingga awal pekan ini masih ada sebanyak 17.168 jiwa yang belum melakukan rekaman, meski begitu angka itu terus berkurang karena mulai pekan ini pelayanan dioptimalkan.
    “Kami buka tiga lapak pelayanan e-KTP, kalau pada hari-hari biasanya cuma satu lapak, namun mulai Senin (29/8) kita tambah lapak. Supaya kemampuan dalam pelayanan rekaman lebih banyak,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com