• Dilahat, Lahan Tidur Akan Ditanami Pohon Baru

    0
    Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva'i SE, Kapolres Lahat Saat Menggelar Rapat.

    Dilahat, Lahan Tidur Akan Ditanami Pohon Baru

    Lahat, jurnalsumatra.com – Guna mengantisipasi dampak buruk dari Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) dikabupaten Lahat, Bupati H Saifudin Aswari Riva’i,SE mengajak seluruh masyarakat untuk mengoptimalkan fungsi lahan tidur untuk menjadi lokasi penanaman pohon baru. Pemkab Lahat mendukung penuh upaya pemerintah dan Kepolisian untum menberikan sanksi tegaa kepada para pelaku Karhutla.

    Dijelaskan Aswari dalam pertemuan tersebut, meskipun terdapat titik api namun Pemkab Lahat bersama seluruh lapisan masyarakat telah melakukan antisilasi sehingga tidak lahan yang terbakar tak sempat meluas. Bahkan seluruh Pemdes (Pemerintah Desa) dari 22 kecamatan yang ada telah diberi imbauan secara lisan maupun tertulis agar dapat mengoptimalkan lahan tidur dengam menanam pohon kembali.

    “Berkaca pada tahun sebelumnya, asap tidak begitu pekat terjadi diLahat dan kita harap kedepan tidak ada lagi kasus Karhutla dan ini menjadi tugas bersama untuk menjaga lingkungan,”ujarnya.

    Menurutnya, Pemkab Lahat juga mendukung terbentuknya Satgas gabungan diSumsel meskipun Satgas Karhutla untuk kedelapan Provinsi yang menjadi prioritas, saat ini paling banyak ditempatkan diProvinsi Kalimantan Barat dengan jumlah 61 titik hotspot.

    “Untuk penanggulangan Karhutlah, dilakukan mitigasi dengan kanal sekat permanen, dan melibatkan pemberdayaan masyarakat yang maksimal,”imbuhnya.

    Sedangkan, Kapolres Lahat AKBP Rantau Eka Isnur menuturkan, akan selalu menginstruksikan seluruh anggota untuk memantau dan menjaga titik api dan sejauh ini dikabupaten Lahat masih aman dari bahaya Karhutla namun tetap waspada. Untuk satgas Karhutla yang dibentuk bersifat Preventif.

    “Saat ini telah dibentuk satgas yang menyeluruh dan preventif dalam penanganan Karhutlah dan mudah-mudahan hasilnya sangat positig sehingga tidak kerjadi hal yang tidak diinginkan kedepannya,” imbuh Kapolres Lahat. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com