• Dikpora: Kebijakan Sekolah Sehari Penuh Perlu Disosialisasikan

    0

         Gorontalo, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menilai kebijakan sekolah sehari penuh (full day school) perlu disosialisasikan.
    Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikpora, Irwan Abudi Usman, Jumat di Gorontalo mengatakan, kebijakan tersebut sangat positif diterapkan, namun perlu disosialisasikan kepada masyarakat.
    Sebab penerapannya memerlukan kesiapan sarana dan prasarana pendukung yang memadai, termasuk tenaga pendidik dan dukungan pihak terkait “stakeholder” di daerah.
    “Seluruh elemen di daerah ini perlu bersinergi untuk menerapkan kebijakan tersebut,” ujar Irwan.
    Kondisi yang perlu diperhatikan adalah, psikologi, budaya atau kearifan lokal khususnya penerapan di desa-desa mengingat yang perlu diantisipasi adalah kebosanan yang bisa saja muncul dalam lingkungan pembelajaran.

         “Menteri Pendidikan Nasional diharapkan mempertimbangkan aspek mata pelajaran, orang tua yang lebih memperhatikan anaknya, sebab berkaitan dengan aktivitas antar jemput,” ungkap Irwan.
    Kemudian pemenuhan jumlah jam bagi guru tersertifikasi, sebab penerapan sekolah sehari penuh sangat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar.
    Jika penerapannya hanya sekedar “pilot project”, maka dampak pelaksanaan program adalah komponen utama yang perlu diperhatikan apalagi kondisi geografis daerah ini tergolong khusus.
    “Banyak sekolah yang masih jauh dari pemukiman, seperti di wilayah barat yaitu Kecamatan Tolinggula dan Biawu,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com