• Di Palembang, Harga Sapi Naik 10 Persen

    0
    Di Palembang, Harga Sapi Naik 10 Persen

    Di Palembang, Harga Sapi Naik 10 Persen

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Harga sapi dipastikan akan mengalami kenaiakan, kenaikan terjadi karena sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya idul adha yang akan jatuh pada bulan depan, kenaikan karena di[pacu tingginya permintaan sapi, kenaikan harga mencapai 10 persen.

    “karena memang setiap tahun naik, kenaikan sendiri mencapai 10 persen, tentu kenaikan juga tergantung dari kondisi sapi itu sendiri besar atau kecil,”kata petrernak sapi Sako Kenten, Andi kemarin (78).

    Menurut Andi, kenaiakan yang ia tetapkan sebagai peternak lebih kecil dibandingkan dari pedagang, karena pedagang menapatkan sapi dari peternak, oleh karena itu masyarakat diminta membeli langsung ke peternak sehingga harganya lebih terjangkau.

    “kalau dari tangan ketiga harga sapi kenaikan mencapai 15 persen, oleh karena itu jangan sampai masyarakat ditipu, harga sapi tergantung dari umur dan beratnya,”kata Andi.

    Dijelaskan Andi, dalam dua tahun terakhir penjualan sapi meorosot, karena pada tahun lalu saja sapi yan sebagian besar sapi Bali hanya laku 4 ekor dari 15 sapi yang dijual, pada tahun ini ia memprediksi penjualan akan mengalami penurunan karena faktor ekonomi yang sedang lesu, sehingga berdampak langsung pada penjualan sapi.

    Andi yang sejak empat tahun terakhir berprofesi sebagai peternak sapi berharap ada kebijakan dari pemerintah sehingga penjualan sapi membaik, hal ini terjadi juga bisa dilihat harga daging sapi yang kian tinggi.

    “sapi yang kami jual paling murah sekitar Rp 15 jutaan itu ukuran 130 kilogram, sedangakan harga paling mahal bisa mencapai Rp 40 juta tergantung dari ukuran, umur dan kesehatan sapi itu sendiri,”jelasnya.

    Sementara itu, dalam rangka hari raya idul adha pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DP2K)m akan melakukan pemantaun langsung terhadap stand penjualan sapi, peninjauan kesehatan ini tidak lain untuk mengantisipasi akan terjadianya penyakit menular yang ada pada sapi.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com