• Dewan Pers Ajak Wartawan Jayapura Diskusikan IPK

    0

         Jayapura, jurnalsumatra.com – Dewan Pers mengajak wartawan Jayapura di Provinsi Papua mendiskusikan Indeks Kemerdekaan Pers untuk menyusun dan mengukur sejauh mana kemerdekaan pers di daerah ini.
    “Ini adalah kegiatan terakhir dari Focus Group Discusion atau FGD sebagai forum diskusi terakhir dalam rangka penyusunan indeks kemerdekaan pers, jadi ini kota yang ke-24,” ujar Imam Wahyudi, salah satu anggota Dewan Pers, di Jayapura, Kamis.
    Diskusi digelar di salah satu hotel ternama di Jayapura.
    Menurut dia, FGD atau diskusi terfokus dan merupakan tahap terakhir dari indeks pengumpulan data tentang kemerdekaan pers.
    “Yang pertama dulu kan ada FGD tentang tulis menulis, kemudian implementasinya pengumpulan data dan membentuk tim untuk mewawancarai informan ahli,” ujarnya lagi.

         Dia mengatakan, Indeks Kemerdekaan Pers ini memang ditujukan untuk penyusunan parameter Dewan Pers, dan membenarkan bahwa selama ini mengandalkan indeks yang dibuat oleh Freedom House dan lembaga yang lain.
    “Sekarang ini diharapkan karena kami buat sesuai dengan standar yang berbasis pada provinsi, dan kemudian akan menjadi alat monitoring serta evaluasi tentang indeks kemerdekaan pers masing-masing provinsi.
    “Kami juga memotivasi masing-masing provinsi untuk meningkatkan lagi kemerdekaan persnya,” ujarnya.
    Dia menambahkan, Dewan Pers juga bisa memonitoring siapa aktor dalam kebijakan itu yang mempengaruhi indeks kemerdekaan pers dan juga aspek-aspek yang lain.
    “Tindaklanjutnya akan disampaikan ke semua stakeholders mulai dari pemerintah, kemudian laporan kepada publik, dan kepada semua pihak,” ujar dia pula.
    Pelaksanaan FGD itu berlangsung di salah satu hotel ternama di Jayapura. Momentum itu dihadiri pula oleh beberapa wartawan di Jayapura, dan juga dari luar Jayapura, yakni dari Kabupaten Mimika dan Merauke.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com