• BUMN Sumbar Lepas Siswa Program Mengenal Nusantara

    0

        Padang, jurnalsumatra.com – Empat badan usaha milik negara (BUMN) yang berada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) melepas 21 siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat yang terpilih dalam Program Siswa Mengenal Nusantara 2016 untuk diberangkatkan ke Papua Barat.
    “Para siswa tersebut akan segera berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang, Sabtu pada pukul 16.40 WIB,” ujar Direktur IV Bidang Keuangan PT Pegadaian Dwi Agus Pramudya di Padang, Sabtu.
    Ia mengatakan para siswa SMA dari berbagai kabupaten/kota Sumbar itu akan berada di Papua Barat selama 9 hari, terhitung Sabtu (6/8)- Senin (15/8).
    Dwi Agus Pramudya menjelaskan para siswa tersebut adalah hasil seleksi siswa terbaik yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.
    “Mereka berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi. Itu kriteria yang difokuskan dalam penyeleksian para siswa,” jelasnya.
    Para siswa adalah Jefri Gaterino (SLB Wacana Asih), Liya Fitri (SMALB 2 Padang), Rayi Larasati (SMAN 2 Padang), Fazri Muhammad (SMAN 1 Padang), Fadel Muhammad (SMAN 5 Pariaman), Yovi Oktaria (SMAN 1 Solok), Afif Adi (SMAN 1 Bukittinggi), Lisa Sania Rahmi (SMAN 2 Payakumbuh) dan Genta Rahmad Putra (SMAN 3 Sawahlunto).
    Selain itu Amelia Rizkha Putri (SMAN 1 Koto Kampung Dalam), Ryandi Nugraha (SMAN 2 Sumatera Barat), Fasya Miftah Akbar (SMAN 3 Batusangkar), Muh. Ade Rizandi (SMAN 1 Kecamatan Guguak) serta Niju Faiza (SMAN 1 Painan).
    Tujuh siswa lainnya adalah Delpita Putri (SMA Agam Cendikia), Annesi Putri Aprilia (SMAN 8 Sijunjung), Farhan Hadyan Halim (SMAN 1 Rao), Zakiatur Rohmi (SMAN 1 Koto Balingko), Sunia Rahmah (SMAN 1 Pulau Punjung), Widya Nestika (SMAN 1 Solok Selatan), dan Regina (SMAN 2 Sipora).

        Dwi Agus Pramudya menjelaskan program Siswa Mengenal Nusantara itu bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui pemahaman nyata langsung kepada para siswa yang diberangkatkan.
    “Pada tempat itu mereka juga akan diberi wawasan kewirausahaan, sosial budaya dan wawasan pendidikan,” ujarnya.
    Selain para siswa yang diberangkatkan ke daerah Papua Barat tersebut, dalam program yang sama juga akan  didatangkan sebanyak 20 siswa SMA sederajat dari Papua Barat ke Sumbar.
    Sementara empat BUMN yang menyelenggarakan kegiatan itu adalah PT Pegadaian, PT Semen Padang, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dan PT Hotel Indonesia Natour. Untuk kegiatan 2016 perusahaan, kegiatan itu dikoordinasikan oleh Pegadaian.
    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Sumbar Priadi Syukur mengatakan pemerintah provinsi itu mengapresiasi program yang digelar oleh empat BUMN itu.
    “Dengan saling mengenal, diharapkan rasa persatuan antarsesama bangsa dapat semakin kuat sehingga tidak mudah untuk dipecah,” ujarnya saat menghadiri acara pelepasan para siswa di salah satu hotel di Kota Padang, Jumat malam.
    Program Siswa Mengenal Nusantara adalah program tahunan yang digelar oleh perusahaan yang termasuk BUMN sejak 2015. Pada 2015, para siswa Sumbar diberangkatkan ke Palu, Sulawesi Tengah.
    “Ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, dengan kembali mewujudkan “BUMN Hadir Untuk Negeri,” kata Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com