• Buka Ribuan Ha Lahan Sawah Baru, Kadistan se Sulsel belajar ke OKI

    0
    unnamed (73)Kayuagung, Sumsel, jurnalsumatra.com —Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil membuka ribuan hektar lahan sawah baru. Tahun 2015 lalu sebanyak 1.000 ha lahan cetak sawah dibuat. Atas keberhasilan itu pula pada tahun 2016, Kabupaten OKI mendapat kuota seluas 9.146 ha cetak sawah dari 13.000 ha se Provinsi Sumsel.
    Prestasi ini pula yang mengundang 10 Kepala Dinas pertanian se provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk belajar membuka cetak sawah khususny lahan pasang surut di Desa Simpang Tiga Abadi Kecamatan Tulung Selatan, Jum’at, (26/8).
    “Tahun lalu kita buka 1000 ha cetak sawah baru. Tahun 2016 kita mendapat kuota seluas 9.146 ha dari 13.000 ha se Provinsi Sumsel, jadi kita yang terluas” Ungkap Hery Susanto, S. Sos, Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda OKI saat menerima kunjungan.
    Selain padi tambah Hery prioritas pemkab OKI tahun ini yaitu meningkatkan produksi cabai dan bawang merah.
    Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulsel, Ir. Hermanto, M. Si mengatakan melalui studi lapangan ini para Kepala Dinas Pertanian se Sulsel diharapkan mampu meningkatkan potensi Sulsel dibidang pertanian.
    “Melihat potensi dan keberhasilan Pemkab. OKI dalam menciptakan lahan sawah baru setiap tahunnya membuat kami datang ke sini dan menerapkannya di tempat kami” Ungkapnya.
    Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Syarifuddin, SP, M. Si mengatakan Kerja sama ke dua daerah untuk meningkatkan produksi pertanian dapat saling menguntungkan Untuk mendukung swasembada pangan nasional.
    “Kerjasama ini sifatnya sharing, jadi kami membagi apa yang kami bisa dan mereka juga seperti itu” Kata Syarifuddin.
    Lewat kerja sama ini, petani di OKI juga mendapat berbagai hal baru seperti mengurangi penggunaan pupuk kimia, mengoptimalkan lahan, dan menyediakan produk pertanian yang lebih berkualitas. (RICO)
  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com