• BPJS Ketenagakerjaan Darmo Ingatkan Pentingnya Perlindungan Pelajar

    0

         Surabaya, jurnalsumatra.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo mengingatkan pentingnya perlindungan bagi pelajar terutama pelajar Sekolah Menengah Kejuruan saat magang di sejumlah perusahaan.
    Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo Indra Gunawan, Jumat mengatak, anak-anak yang duduk di bangku sekolah terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentunya memiliki mata pelajaran magang kerja di perusahaan.
    “Dan saat magang inilah siswa tersebut berpotensi terkena kecelakaan saat bekerja sehingga harus dilindungi sejak dini,” katanya di sela kegiatan edukasi pelajar di SMK Dharma Bahari Surabaya.
    Ia mengemukakan, sebelum siswa tersebut benar-benar diterima kerja di sebuah perusahaan para siswa tersebut sudah bisa mengikutkan diri dalam program BPJS Ketenagakerjaan.
    “Para siswa itu bisa mengikuti program untuk pekerja bukan penerima upah (BPU) karena selama magang itu, para siswa belum tetap tetapi memiliki risiko kerja yang sama,” katanya.

         Ia mengatakan, jika siswa tersebut belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP) maka kartu identitas diri dari siswa itu bisa digantikan dengan nomor induk yang ada di Kartu Keluarga.
    “Fungsinya sama dan yang paling penting adalah siswa tersebut sudah terlindungi pada saat melakukan magang kerja supaya kalau terjadi kecelakaan kerja sudah ada yang menanggung dan mengganti biaya pengobatannya,” katanya.
    Ketika disinggung pilihan sosialisasi kepada siswa SMK dirinya mengatakan kalau siswa SMK lebih cenderung dipersiapkan untuk langsung terjun di dunia kerja.
    “Karena itu, kami sengaja membidik siswa SMK di Surabaya ini supaya mereka paham kalau saat magang risiko pekerjaan yang dihadapi sama dengan para pekerja lain yang sudah dilindungi oleh perusahaan tempat mereka magang,” katanya.
    Ia mencatat, di wilayah BPJS Ketenagakerjaan Darmo terdapat sekitar lima ribu sampai dengan enam ribu siswa yang bersekolah di sekolah kejuruan sehingga potensi kepesertaan dari para siswa tersebut cukup besar.
    “Kami akan terus melakukan sosialisasi terhadap siswa yang ada di Surabaya supaya mereka menjadi paham dan mengerti akan pentingnya perlindungan diri sebagai jaminan saat kecelakaan kerja,” katanya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com