• BMKG Pangkalpinang Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

    0

         Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan peringatan dini terjadi gelombang tinggi yang berpotensi mencapai 3 meter pada Selasa (2/8).
    “Kami mengimbau nelayan tradisional tidak melaut di sekitar perairan tersebut karena dapat membahayakan keselamatan,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada kantor BMKG di Pangkalpinang Tri Yulianto, Senin.
    Gelombang tinggi itu akan terjadi di perairan selatan Bangka, utara Bangka, dan Selat Karimata, sedangkan di Selat Bangka dan Selat Gelasa masing-masing berkisar 0,5 dan 0,75 meter.
    Rata-rata kecepatan angin di perairan Provinsi Babel berkisar 10-36 kilometer per jam dari timur ke selatan

         “Ketinggian gelombang dapat berubah kapan saja tergantung kecepatan dan arah angin, sehingga bagi nelayan diimbau tetap waspada dan siapkan perlengkapan keselamatan yang memadai jika hendak melaut,” katanya lagi.
    Ia mengatakan, seluruh daratan di provinsi ini hanya berpotensi hujan ringan dengan kecepatan angin berkisar 6-22 kilometer per jam dengan suhu udara 24-33 derajat Celsius dan kelembaban udara 60-96 persen.
    “Diimbau warga tetap waspada atas kondisi cuaca yang mudah berubah terutama dalam skala lokal,” ujarnya lagi.
    Dia juga mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai-pantai di Babel untuk memperhatikan gelombang pasang air laut, dan diharapkan tidak bermain terlalu jauh dari bibir pantai.
    “Tetap awasi anak-anak yang berenang di sekitar bibir pantai serta diharapkan jangan lengah,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com