• BMKG: Jakarta Cerah-Berawan Sepanjang Hari

    0

        Jakarta, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca akan cerah hingga berawan untuk sebagian besar kawasan Jakarta, kecuali beberapa tempat yang akan mengalami hujan ringan.
    BMKG lewat siaran persnya yang diterima di Jakarta, Sabtu, merilis, wilayah lain yang akan mengalami hujan ringan seperti Kepulauan Seribu yang akan hujan ringan pada Sabtu pagi hari dan Jakarta Timur akan hujan ringan siang dan malam harinya serta Jakarta Selatan berotensi hujan ringan pada malam harinya.
    Sementara untuk kawasan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, BMKG memprakirakan secara umum pada Sabtu pagi hari cuaca diprediksi cerah-berawan. Pada Sabtu siang dan malam harinya hujan ringan-sedang diprediksi terjadi di seluruh wilayah Bodetabek.
    Untuk wilayah Indonesia lainnya, kawasan yang berpotensi hujan lebat pada Sabtu akan terjadi di Kalimantan Timur bagian timur dan selatan, Papua Barat dan Papua.

        Selanjutnya, BMKG memprakirakan tinggi gelombang 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh, perairan Bengkulu, Selat Sumba, Laut Sawu, perairan Rote-Kupang, Laut Timor, Laut Arafuru.
    Selain itu perairan selatan Sermata hingga timur Tanimbar, perairan selatan Kai hingga Aru, Laut Banda, perairan selatan Buru hingga Seram, perairan Wakatobi, Laut Maluku, perairan Halmahera, perairan utara Papua Barat dan perairan Sangihe-Talaud.
    Sedangkan gelombang laut dengan tinggi 2,5- 4,0 meter akan terdapat di perairan utara Sabang, perairan barat Mentawai, perairan Enggano, perairan Bengkulu, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga selatan Sumba dan Samudera Hindia barat Sumatera hingga selatan Sumba.
    Berdasarkan pantauan udara, pantauan BMKG lewat citra Satelit Himawari tidak mendeteksi pergerakan debu vulkanik di Gunung Gamalama dan Sinabung karena permukaan udara tertutup oleh awan.
    Prakiraan-prakiraan BMKG tersebut merujuk pada pantauan citra radar, pergerakan awan, analisa dinamika atmosfer dan pasang air laut maksimum di sejumlah tempat di Indonesia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com