• BMKG: 11 Kabupaten Di Aceh Berpotensi Hujan

    0

    Sabang, Aceh, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, 11 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat, sehingga perlu antisipasi bisa terjadi bencana banjir dan longsor.
    “Daerah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir serta angin kencang yaitu, Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Aceh Timur,” kata Kepala Stasiun BMKS Kota Sabang, Siswanto, di Sabang, Rabu.
    Menurutnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang diperkirakan akan terus berlangsung hingga pukul 16.30 WIB dan berpeluang meluas ke beberapa wilayah lainnya di Aceh.
    “Prakiraan kita hujan akan terus meluas ke Kabupaten Aceh Barat, Aceh Tengah, Bener Meriah, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, dan Aceh Selatan,” tuturnya.
    Pantauan di lapangan, secara umum wilayah Sabang dan sekitarnya masih diguyur hujan dengan intensitas rigan dan sedang sejak pukul 10.00 sampai 14.40 WIB masih berlangsung.
    Menurutnya, prakiraan cuaca tersebut sesuai dengan hasil pantauan dan stamet yang direlist early warning sistem (EWS) BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.
    Ia mengakui, akan terus mengupdate prakiraan cuaca setiap saat dan mengeluarkan info peringatan dini melalui satu pintu yakni EWS_BMKG Aceh.
    “Kepada masyarakat yang tinggal di perbukitan atau area pegunungan yang berpotensi terhadap kejadian gerakan tanah longsor diharapkan selalu waspada,” pintanya.
    Ia menjelaskan, secara umum faktor pemicu bencana gerakan tanah longsor adalah kondisi topografi yang relatif berbukit hingga perbukitan terjal dengan kondisi tanah yang sudah jenuh oleh air.
    “Kondisi tanah dalam keadaan jenuh bisa dimungkinkan longsor, akibat adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat meskipun terjadi beberapa saat,” ujarnya.
    Katanya, adakalanya bencana juga disebabkan terjadinya pergerakan tanah longsor yang dapat dipicu juga oleh adanya hujan yang tidak begitu lebat tetapi berlangsung beberapa hari secara berturut-turut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com