• Bendungan Antisipasi Air

    0

    bendungan-dam-wadukPALEMBANG, jurnalsumatra.com  – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII tahun ini tengah disibukkan dengan mega proyek bendungan. Selain membangun bendungan dan pompa air di Sekip Bendung. Dengan bendungan ini dapat mengantisiapasi banjir yang kerap terjadi pada saat muism hujan.

    Kabid Pelaksana Jaringan Sumber Air BBWS Sumatera VIII, Adi Rusman mengatakan, bendungan tersebut diberikan nama sebagai bendungan Tiga Dihaji yang merupakan salah-satu proyek strategis Nasional yang juga tercantum dalam Perpres nomor 3/2016.

    “Nantinya air dari Danau Ranau akan ditampung ke bendungan tiga dihaji ini sekarang sedang dalam tahap desain dan sertifikasi bendungan.Direncanakan proyek tersebut baru mulai konstruksi sekitar 2017 pelaksanaan dan dikerjakan sekitar 5 tahunan,”kata Adi, Senin(15/8).

    Selain itu, saat ini juga dilakukan proses pembebasan lahan dengan luas sekitar hampir 400 ha dan tampungan yang mencapai 104 juta meter kubik di posisi normal.Dari total luasan lahan yang bakal dibebaskan tersebut. terdisi dari jalan akses sekitar 6-7 ha, Tapak bendung dan fasilitas pendukung 160 ha dan daerah genangan 315 ha.

    “Tidak ada perumahan warga, sebagian hutan lindung dan tanah milik masyarakat, untuk penetapan lokasi (penlok) sudah ditetapkan dengan nomor 753/kpts/I/2015 oleh Gubernur Sumsel,”jelasnya.

    Untuk dana pembebasan lahan dan pembangunan sendiricukup besar lebih.Tapi nanti untuk konkritnya bakal ditentukan oleh Konsultan Jasa Penilaian Publik (KJPP)    Dengan adanya pembangunan tersebut, tentu ada banyak sekali manfaat yang bakal didapatkan. Terutama dapat mengurangi genagan air.

    Sebelumnya, Kepala PU BM dan PSDA, Budy Dharma mengatakan Pemkot Palembang sudah menambah sebanyak 7 kolam retensi, dengan adanya kolam ini dapat mengurangi genangan air, dan tentu bendungan dan pompa yang ada di Sekip sangat bermanfaat bagi Palembang.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com