• Bea Cukai Palembang Sita Barang Smokle 2 Kontainer

    0

    LOGO-BEA-CUKAIPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Meski pengawasan sudah dengan baik, namun Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) wilayah Sumbagsel masih menemukan barang smokle yang disita masuk ke wilayah Sumbagsel. Diantara beberapa barang tersebut, kebanyakan merupakan barang kiriman baik itu online shop (olshop) maupun selundupan.

    Kepala kantor wilayah DJBC wilayah Sumbagsel, Aflah F mengatakan, pihaknya banyak menemukan barang sitaan berupa sex toy (mainanseks-red) maupun tekstil. Semuanya rata-rata kita sita dari kantor pos. Dan untuk tahun ini sudah terkumpul sekitar 2 kontainer.

    Saat ini pihaknya sudah melakukan proses untuk pemusnahan barang sitaan karena sudah mendapat izin. Dalam waktu dekat, sekita satu atau bulan lagi baru akan dilakukan pemusnahan.     “Barang tersebut sudah jadi milik negara. Jadi untuk melakukan pemusnahan juga harus melalui izin operasional, karena setiap barang sitaan berbeda yang berbeda jenis, maka beda juga cara memusnahkannya,”kata Aflah, Kamis (11/8).

    pemusnahan tersebut bisa dalam bentuk dipotong, dibakar, maupun ditanam. Bahkan ada juga yang dimanfaatkan kembali, asalkan ramah lingkungan. Selain barang yang memang dilarang, ada juga barang yang diselundupkan tanpa izin. Kalau seperti hewan langka dan sejenisnya, biasanya akan kita serahkan pada pihak konservasi.

    Aflah mengaku, untuk di Palembang sendiri sudah intensif dilakukan pengawasan. Terutama di muara sungai dan jalur tikus. “Kalau di wilayah kita sudah sedikit barang yang disita, karena terlebih dahulu melewati Bea Cukai di Aceh, Pekanbaru dan pantai timur sebelumnya. Artinya saat sudah ada pada kita, sudah bisa difilter,”tukasnya. .(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com