• Basarnas Siapkan Kekuatan Untuk PON JABAR

    0

    Bandung, jurnalsumatra.com – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marskal Madya TNI FH Bambang Soelistyo menyatakan, lembaganya sudah menyiapkan kekuatan untuk membantu memberikan pertolongan dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.
    “Ada kegiatan PON di Bandung, Basarnas sudah menyiapkan kekuatan,” kata Soelistyo saat pembukaan Rapat Koordinasi dan Pelatihan Potensi SAR 2016 di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.
    Ia menuturkan Basarnas yang bertugas untuk membantu penanganan dan pertolongan korban telah mempersiapkan diri untuk mensukseskan PON di Jabar.
    Kesiapan dan kekuatan Basarnas, kata dia, dibantu oleh kekuatan TNI dan Polri yang tugasnya dalam pengamanan atau diluar tugas Basarnas.
    “Yang sudah pasti membantu Polri/TNI untuk pengamanan, tim kesehatan, kekuatan untuk rescue ada gabungan,” katanya.
    Ia menyampaikan kekuatan Basarnas untuk PON sepenuhnya akan didukung oleh Basarnas Pusat, Jakarta, Semarang dan Yogyakarta.
    Bahkan, lanjut dia, bukan hanya kekuatan personel, tetapi peralatan juga disiapkan seperti helikopter untuk memudahkan proses penyelamatan.
    “Helikopter kita siap, jadi kita sudah sepenuhnya membantu Pemprov Jawa Barat untuk mengkoordinir apabila nanti terjadi apa-apa di PON,” katanya.
    Sementara itu, Basarnas menggelar Rapat Koordinasi dan Pelatihan Potensi SAR 2016 dengan peserta dari sejumlah instansi, komunitas, dan organisasi SAR wilayah Jawa Barat.
    Rapat koordinasi itu bertujuan untuk menuingkatkan koordinasi dalam penyelenggaraan operasi Sar yang efektif dan efisien sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com