• Bakal Calon Perseorangan Minta Perpanjangan Waktu Pendaftaran

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan M Rifky serta Balia Reza Maulana berencana meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memperpanjang waktu pendaftaran syarat dukungan kartu tanda penduduk (KTP).
    “Kita sedang mempersiapkan tambahan pendukung hingga bisa mencapai sekitar 600.000 orang, nanti saya akan meminta toleransi waktu penyerahan berkas kepada KPU,” kata M Rifky di Kantor KPU DKI Jakarta, Minggu.
    M Rifky mengemukakan pihaknya telah mendeklarasikan pencalonan dirinya dan wakilnya di Jakarta Barat sejak Maret 2016.
    Menurut bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen ini, deklarasi tersebut kemudian diikuti dengan terus bertambahnya jumlah dukungan KTP terhadap dirinya dan wakilnya, hingga  berhasil mencapai sekitar 300.000 orang sampai Juli 2016.
    “Jadi kekurangannya sekitar 150.000 sampai 200.000 KTP lagi, ini sedang kita kerjakan secara maksimal, kalau memang belum memenuhi nanti sore, saya akan minta diperpanjang waktu pengumpulannya sampai malam,” ujarnya.
    Ia mengatakan jika kemudian pencalonan melalui jalur independen tidak dapat ditempuh, maka dirinya berencana menjalin komunikasi dengan partai politik agar dapat maju dalam bursa Pilkada 2017.
    “Saya akan membuka kompromi dengan partai politik yang pendaftaran calonnya masih berselang satu bulan, jika nanti KPU DKI menolak terima pencalonan saya,” tuturnya.
    Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menyatakan pihaknya tidak akan memperpanjang waktu pendaftaran syarat dukungan bakal calon perseorangan, agar tidak mengganggu sejumlah tahapan berikutnya yang akan dijalankan menjelang Pilkada 2017.
    “Semua berkas dukungan sudah harus kami terima hari ini paling lambat pada pukul 16.00 WIB, tidak ada pihak yang kami istimewakan,” ujarnya kemudian.
    Berdasarkan pantauan Antara, belum ada bakal calon perseorangan yang mendaftarkan dukungan KTP ke KPU DKI Jakarta sampai pukul 14.00 WIB, pada Minggu, yang merupakan hari terakhir masa penerimaan syarat calon perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.
    Sebelumnya, KPU Provinsi DKI Jakarta  mengemukakan akan ada tiga bakal calon pasangan peseorangan untuk pemilihan kepala daerah DKI 2017 berencana mendaftarkan diri pada Minggu.
    KPU DKI Jakarta pada 3-7 Agustus 2016 mengagendakan penerimaan dukungan bakal pasangan calon perseorangan, berupa kartu tanda penduduk (KTP) minimal sebanyak 532.213 buah.
    Pendaftaran dukungan tersebut dilakukan di kantor baru KPU DKI Jakarta yang berada di Jalan Salemba Raya nomor 15, Jakarta Pusat, serta dibuka sejak pukul 8.00 WIB-16.00 WIB.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com