• Bahasa Indonesia Mengarah Menjadi Bahasa Ibu

    0

    Bandung, jurnalsumatra.com- Penggunaan Bahasa Indonesia   pada perkembangannya sudah mengarah  menjadi bahasa ibu, kata Pakar Sosiolinguistis Andoyo Sastroamiharjo di Bandung, Sabtu.
    “Penggunaan Bahasa Indonesia sudah mengarah menjadi bahasa ibu, tak hanya di kota besar, di kota-kota kecil pun sudah banyak keluarga muda yang memilih mengajarkan anaknya Bahasa Indonesia sebagai bahasa pertamanya,” kata Andoyo.
    Menurut dia, sudah selayaknya Bahasa Indonesia juga dijadikan bahasa ibu. Akan tetapi  diatur juga sistem dan penerapannya sehingga bahasa ibu atau bahasa daerah bisa tetap dikenali oleh anak-anak.
    “Indonesia sebagai negara berkembang tidak dapat memungkiri munculnya kota-kota besar yang di dalamnya berdatangan orang dari berbagai daerah, berbagai suku budaya,dan berbagai bahasa. Oleh karena itu Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan menjadi harus kiranya untuk dipahami, dipelajari, dan digunakan,? kata Andoyo.
    Menurut dia penggunaan bahasa akan mahir digunakan apabila terus dilatih dan digunakan di lingkungan masing-masing.
    Tidak hanya di rumah, kata dia  keputusan untuk menyekolahkan anak ke taman kanak-kanak maupun ke taman Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menurutnya sudah merupakan sebuah langkah untuk menanamkan pengajaran Bahasa Indonesia kepada anak.
    Peran media, terutama media sosial  sangat berpengaruh kepada kemampuan berbahasa seseorang. Kebebasan dan kemudahan mendapat informasi dan pembelajaran bahasa dari media akan sulit dikontrol.
    Menurut Andoyo berdasarkan ilmu sosio-linguistis hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kemampuan berbahasa dan komunikasi seseorang.
    “Contoh kasus mengenai penggunaan bahasa yang tidak baik di media sosial yang terjadi di kota-kota besar,” kata Andoyo.
    Menurut dia perlu didorong agar setiap bulan jadi bulan bahasa, sehingga bisa menggerakkan pendidikan bahasa dari berbagai segi.
    “Seluruh lapisan dan  aspek masyarakatpun ikut melestarikan Bahasa Indonesia di bidangnya masing-masing,” katanya menambahkan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com