• APBD Perubahan Banjarbaru Defisit RP190,6 MILIAR

    0

    Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) Perubahan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mengalami defisit sebesar Rp190,6 miliar akibat besarnya belanja daerah dibanding pendapatan daerah.
    “Belanja daerah lebih besar dibanding pendapatan daerah sehingga terjadi defisit sebesar Rp190,6 miliar,” ujar Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan di Banjarbaru, Kamis.
    Ia mengatakan hal itu pada sidang paripurna penyampaian raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2016 yang dipimpin Ketua DPRD AR Iwansyah dan seluruh anggota DPRD setempat.
    Menurut wakil wali kota, besarnya defisit anggaran ditutupi pembiayaan yang berasal dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu Rp203,6 miliar dan dana cadangan daerah Rp3 miliar.
    “Silpa tahun lalu mencapai Rp203,6 miliar ditambah dengan pencairan dana cadangan daerah sebelum akhir tahun sehingga defisit bisa ditutup dua sumber dana itu,” ungkapnya.
    Disebutkan, APBD perubahan 2016 terdiri dari pendapatan daerah yang mengalami kenaikkan sebesar Rp14,3 miliar dari anggaran semula Rp1,66 triliun menjadi Rp1,81 triliun.
    Kenaikkan pendapatan berasal dari PAD terutama pajak daerah sebesar Rp3,5 miliar, dana perimbangan sebesar Rp81,6 miliar dan lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp70,7 miliar.
    Kemudian belanja daerah yang semula direncanakan sebesar Rp1,153 triliun menjadi Rp1,271 triliun yang berarti mengalami kenaikkan sebesar Rp117,9 miliar atau naik 10,23 persen.
    “Belanja tidak langsung sebesar Rp446,1 miliar atau naik Rp14,3 miliar dari anggaran semula Rp431,8 miliar dan belanja langsung naik dari Rp721,9 miliar menjadi Rp825 miliar,” ujarnya.
    Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah mengatakan, pihaknya segera membahas raperda bersama badan anggara DPRD dengan tim anggaran pemerintah daerah yang dibentuk pemkot setempat.
    “Kami akan membentuk panitia khusus dan bersama tim anggaran yang sudah dibentuk pemkot bersama-sama membahasnya sehingga raperda cepat disahkan,” katanya.(anjas)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com