• Antrian Pendaftar Haji Dumai Capai 3.612 Orang

    0

         Dumai, Riau, jurnalsumatra.com – Kepala Kementerian Agama Kota Dumai Darawi, Selasa,  menyebutkan minat masyarakat untuk berangkat haji ke tanah suci Mekkah sangat tinggi, dan tercatat hingga kini jumlah antrian pendaftar mencapai 3.612 orang.
    Ribuan jumlah antrian orang untuk menjadi calon tamu Allah SWT tersebut, lanjut dia, diprediksi Kemenag Dumai untuk keberangkatan hingga 18 tahun kedepan atau sekitar tahun 2.035 mendatang.
    “Minat masyarakat, yang sudah haji atau belum untuk menunaikan ibadah suci di Mekkah cukup tinggi, dan tercatat hingga kini jumlah antrian sebanyak 3.612 orang untuk keberangkatan hingga tahun 2035 mendatang,” kata Darawi.
    Dijelaskan dia, untuk musim haji tahun 2016 ini, Kota Dumai mendapat kuota porsi sebanyak 214 jemaah dari Kemenag Pusat, dan sekarang sedang tahap persiapan keberangkatan.
    Jumlah kuota porsi haji untuk Dumai diakui dia terus mengalami penurunan tiap tahun disebabkan sudah menjadi keputusan pemerintah pusat dan kebijakan pengurangan dari negara Arab Saudi.

         “Keberangkatan haji tahun ini sedang dipersiapkan dan calon jemaah asal Dumai akan memulai perjalanan pada 14 Agustus mendatang menuju asrama haji Batam,” kata dia lagi.
    Disamping itu, Kemenag juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lain untuk kelancaran penyelenggaraan musim haji tahun ini, baik terkait keberangkatan maupun penyiapan dokumen perjalanan.
    Calon haji Dumai 2016 sebanyak 214 orang dibagi dalam dua kelompok terbang, yaitu, 207 orang dalam Kloter 7 bergabung dengan jemaah asal Kabupaten Rokan Hulu, dan 7 cadangan masuk Kloter 10 gabung dengan sejumlah jemaah dari kabupaten kota di Riau.
    Jelang keberangkatan, dia mengimbau agar calon haji dapat menjaga kesehatan jasmani dan rohani karena ibadah haji membutuhkan fisik bugar dan kesiapan mental supaya semua rukun haji dapat dikerjakan baik.
    Sementara, Kepala Bagian Kesra Setdako Dumai Asnam menambahkan, kegiatan seremoni pelepasan jemaah haji dijadwalkan dipimpin oleh Wali Kota Zulkifli As Rabu (3/8) besok sekaligus penyerahan koper kepada seluruh calon tamu Allah SWT tersebut.
    “Pemerintah daerah mendukung kelancaran penyelenggaraan haji dengan menyiapkan armada domestik ke Embarkasi Batam, dan diharapkan seluruh jemaah sudah bersiap dan menjaga kesehatan,” harapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com