• 220 Desa Di KALTIM Gelar PILKADES Serentak

    0

    Samarinda, jurnalsumatra.com – Sebanyak 220 desa dari tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yakni desa-desa di Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Kutai Timur.
    “Pengertian pilkades serentak  bukan seluruh Indonesia atau seluruh provinsi, tetapi serentak dalam satu wilayah di masing-masing kabupaten dalam tahun 2016,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kalimantan Timur Moh Jauhar Efendi di Samarinda, Senin.
    Rincian dari 220 desa yang siap melakukan pilkades serentak itu terdiri atas Kabupaten Kutai Kartanegara dari 193 desa yang ada, akan dilaksanakan pilkades serentak pada 71 desa.
    Untuk Kabupaten Paser dari 139 desa yang ada, pilkades serentak akan dilaksanakan di 71 desa. Sedangkan di Kabupaten Kutai Timur, dari 135 desa, pilkades serentak digelar di 78 desa.
    Untuk pelaksanaan pilkades, lanjut Jauhar, di Kabupaten Kutai Kartanegara akan digelar pada 15 September, Kabupaten Paser digelar pada 7 Desember 2016, sedangkan di Kabupaten Kutai Timur belum ditetapkan jadwalnya.
    Tahun 2015 lalu, lanjut Jauhar, daerah yang melaksanakan pilkades serentak adalah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Berau.
    Masa kepemimpinan kepala desa selama enam tahun, sehingga dalam kurun waktu enam tahun pula maksimal pelaksanaan pilkades serentak dalam satu kabupaten digelar sebanyak tiga kali.
    “Peran BPMPD Provinsi Kaltim dalam kaitan pilkades adalah memberikan arahan pada saat penyusunan peraturan daerah (perda) atau peraturan bupati (perbub), sedangkan dalam proses pelaksanaannya, hal itu tentu menjadi wewenang masing-masing kabupaten bersama desa setempat,” katanya.
    Diharapkan dalam pilkades akan terpilih kepala desa yang mempunyai kreatif, dan inovatif dalam memajukan desa, karena peran desa sekarang lebih luas ketimbang sebelumnya, seiring telah terbitnya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang memberikan kewenangan besar terhadap pemerintahan desa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com