• 22 “Gay” Di Sukabumi Terinfeksi HIV

    0

        Sukabumi, jurnalsumatra.com – Sebanyak 22 lelaki suka lelaki (LSL) atau gay di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat positif mengidap HIV, mereka tersebar di beberapa kecamatan di daerah ini.
    “LSL merupakan salah satu kelompok masyarakat rawan tertular HIV, bahkan sejak 2013 jumlah gay yang ada di Kabupaten Sukabumi yang tertular HIV terus meningkat,” kata Seketaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi, Asep Surahman kepada Antara di Sukabumi, Selasa.
    Menurutnya, untuk mengantisipasi penyebaran HIV khususnya di kalangan LSL, pihaknya secara rutin memberikan pembinaan dari segi moral maupun agama. Karena LSL ini merupakan salah satu penyakit kelainan seks, tetapi masih bisa disembuhkan dengan berbagai metode pendekatan.

        Dari data yang dimiliki pihaknya, di Kabupaten Sukabumi terdapat ribuan LSL yang tersebar di berbagai kecamatan. Maka dari itu, pihaknya melakukan berbagai upaya pencegahan agar tidak ada lagi atau minimalnya jumlah gay yang tertular HIV bisa ditekan.
    “Pemberian sosialisasi secara rutin dan pembinaan diharapkan mampu mengubah gaya hidup LSL sehingga bisa kembali berperilaku normal, walaupun sulit tetapi kami akan terus berupaya,” tambahnya.
    Asep mengatakan upaya yang dilakukan tidak hanya memberikan sosialisasi saja, tetapi LSL juga diberdayakan seperti dengan diberikan pelatihan sesuai dengan kemampuan mereka seperti membuka salon, pedagang dan lain-lain.
    Dengan diberdayakan, mereka akan lebih banyak melakukan kegiatan positif sehingga tidak lagi turun ke jalan yang bisa beresiko terhadap penyebaran atau penularan HIV.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com