• 130 Desa Di Jambi Belum Dialiri Listrik

    0

         Jambi, jurnalsumatra.com – Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Amir Rosidin mengatakan sampai saat ini di wilayah Provinsi Jambi masih tersisa 130 dari 1.426 desa yang belum dialiri listrik.
    Dikonfirmasi di Jambi, Kamis, Amir menegaskan PLN sendiri menargetkan pada 2021 nanti sudah tidak ada lagi desa di Provinsi Jambi yang tidak dialiri listrik.
    “Jambi sebenarnya memiliki daya listrik yang cukup, karena bebannya sudah 250 megawatt, tapi kita upayakan membangun transmisi lagi di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi,” katanya.
    Dalam waktu dekat, kata Amir, pihaknya akan menambah sebesar 300 megawatt untuk Provinsi Jambi yang akan didatangkan melalui jalur di wilayah Bayung Lincir.
    “Tanggal 12 September nanti akan beroperasi 150 megawatt, nanti akan menyusul lagi 150 megawatt,” katanya.
    Dikatakannya, untuk pembangunan transmisi itu dipastikan akan menemukan beberapa kendala, salah satunya yakni masalah pembebasan lahan.
    “Kita berharap pemerintah kabupaten khususnya Pemerintah Provinsi Jambi bisa mendukung program kerja kita agar semuanya bisa berjalan lancar,” ujarnya.

         Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan bahwa sekitar 300 titik yang ada di 11 kabupaten/kota di Jambi akan dibebaskan lahannya untuk pembangunan jaringan listrik tersebut.
    Namun yang jelas ini bukanlah perkara mudah, karena tak sedikit masyarakat yang tidak mau menjual lahannya kepada pemerintah, untuk diberikan kepada pihak PLN.
    “Kita akan bentuk tim satgas, nanti di dalamnya ada unsur Pemprov Jambi, pemkab dan pemkot di 11 kabupaten/kota, pihak kepolisian dan PLN untuk menangani permasalahan ini,” ujarnya.
    Zola juga mengungkapkan, pembentukan satgas dalam waktu dekat ini adalah untuk mengejar target yang yang ditetapkan oleh pihak PLN.
    “Nanti ada kajianya secara hukum berapa nilai lahan masyarakat untuk kita beli, tentu tidak sembarang kita menetapkan harganya,” katanya.
    Gubernur juga berpesan kepada bupati dan wali kota se-Provinsi Jambi untuk mendukung program yang dilakukan PLN tersebut agar masyarakat mendapatkan aliran listrik.
    “Dua minggu lagi akan kita buat satgas. Saya mohon seluruh kepala daerah bisa mendukung,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com