• Warga Desa Naitua Dapat Bantuan Sumur Bor

    0

    KUPANG, jurnalsumatra.com  -  Krisis air bersih yang dihadapi warga Dusun I, Desa Naitua, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera teratasi menyusul dibangunnya sumur bor oleh Pemerintah Kabupaten Kupang.
    “Pembangunan sumur bor itu akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Berdasarkan pemberitahuan dari Bappeda Kabupaten Kupang, pembangunan sumur bor untuk masyarakat Desa Naitua pasti dilakukan tahun 2016,” kata Camat Fatuleu Barat Adrianus Hake ketika dihubungi di Kupang, Senin.
    Pembangunan sumur bor di Desa Naitua, sekaligus untuk mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Kupang di desa tersebut.
    Program STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higinis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan seperti memiliki akses terhadap sanitasi dasar sehingga dapat mewujdukan komunitas yang bebas dari kebiasaan membuang air sembarangan.
    Menurut Adrianus Hake, berdasarkan survei yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kupang, potensi air dilokasi pembangunan sumur bor sangat besar sehingga mampu memenuhi kebututah air bersih bagi 30-50 kepala keluarga (KK) di dusun I Desa Naitua.
    “Dalam kawasan pemukiman di dusun I terdapat 50 KK yang kesulitan mendapatan sumber air bersih saat musim kemarau seperti ini, tetapi kalau musim hujan kebutuhan air bersih di daerah ini tidak ada masalah karena sumber air sangat melimpah,” tegasnya.
    Sumur bor yang dibangun pemerintah Kabupaten Kupang itu juga dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi petugas medis yang bertugas di Naitua maupun pasien yang datang berobat ke puskesmas. Selain itu juga bagi kebutuhan air bagi ratusan muris sekolah dasar (SD) Naitua.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com