• Wakil Bupati Imbau Pelayan Kesehatan Tetap Kerja

    0

    Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com- Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau seluruh tenaga kesehatan di daerah itu agar tetap bekerja melakukan pelayanan optimal pada Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.
    “Seluruh tenaga medis dan petugas kesehatan tetap siaga di unit atau tempat kerjanya masing-masing pada lebaran nanti. Semua pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) tetap buka dan melakukan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan, ” katanya di Painan, Senin.
    Sedangkan bagi tenaga kesehatan yang bertugas di jajaran Dinas Kesehatan itu, khususnya yang berada di sepanjang jalan lintas barat Sumatera di kabupaten setempat agar tetap siaga 24 jam selama lebaran, sesuai jadwal.
    Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan Syahrizal Antoni mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh pimpinan puskesmas di jajarannya untuk menyusun jadwal atau daftar piket petugas pada tempat dan unit kerjanya masing-masing sehingga dapat melakukan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan.
    Petugas medis yang bertugas di puskesmas sesuai dengan daftar piket yang telah disusun agar selalu melakukan koordinasi dengan petugas medis yang bertugas di Pos Pengamanan Lebaran terdekat.
    Katanya, puskesmas yang ada di jajaran dinas kesehatan setempat saat ini berjumlah sebanyak 36 unit. Sebanyak 10 unit diantaranya puskesmas berjalan, delapan unit puskesmas rawatan dan 18 puskesmas keliling.
    Atas siaganya seluruh puskesmas saat lebaran nanti diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan seoptimalnya. Pelayanan 24 jam di puskesmas merupakan bentuk pelayanan prima kepada masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri.
    Pemkab juga menyiagakan seluruh sarana dan prasarana kesehatan yang ada sesuai kebutuhan lebaran. Tujuannya untuk mengantisipasi emergency (darurat) atau kejadian mendadak.
    Selain puskesmas, sarana kesehatan yang tersedia di kabupaten itu adalah pos pelayanan terpadu (Posyandu) sebanyak 652 unit, pos kesehatan nagari (pos kesehatan desa) sebanyak 284 unit dan Rumah Sakit  satu unit.
    Sedangkan tenaga kesehatan yang dimiliki kabupaten itu diantaranya dokter sebanyak 69 orang yang terdiri dari 50 orang dokter umum, dokter spesialis sebanyak 10 orang dan sembilan dokter reffereral. Tenaga Perawat tercatat sebanyak 343 orang dan Bidan 430 orang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com