• Terminal Penajam Mulai Dibanjiri Penumpang Arus Balik

    0

         Penajam, jurnalsumatra.com – Terminal Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai dibanjiri penumpang arus balik pada hari kedua setelah Idul Fitri 1437 Hijriah.
    Salah seorang sopir angkutan rute Penajam-Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Karman saat ditemui di Penajam, Sabtu mengatakan aktivitas penumpang yang akan balik ke berbagai daerah mulai ramai dibanding sebelumnya.
    “Penumpang arus balik itu tidak seperti yang kami prediksi. Para sopir angkutan yang sebelumnya merasa lesu kini mulai semangat karena penumpang mulai padat,” ujarnya.
    Namun, penumpang arus balik tersebut didominasi penumpang tujuan Penajam-Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Sedangkan untuk penumpang kota dan perdesaan di wilayah Penajam Paser Utara tidak ada peningkatan, bahkan cenderung sepi.
    “Penumpang angkutan kota dan perdesaan sepi, karena pemudik atau warga setempat lebih banyak bepergian dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi,” jelas Darwis, sopir angkutan kota lainnya.

         Menurut petugas Terminal Penajam, Abdullah, kendati jumlah penumpang arus balik mulai ramai, namun kondisi itu masih normal dan belum terdapat peningkatan penumpang yang signifikan.
    Ia memprediksi arus balik mulai bertambah pada sore hari hingga Minggu (10/7), karena pada 11 Juli 2016 para pegewai negeri sipil maupun karyawan sudah kembali bekerja.
    “Biasanya mulai siang hingga sore hari penumpang arus balik mulai berdatangan, kepadatan penumpang itu bisa mencapai 20 hingga 40 persen dari hari biasa hingga hari ketiga usai lebaran,” ujar Abdullah.
    Meskipun penumpang trayek Penajam-Tanah Grogot cukup ramai, lanjut dia, namun sopir angkutan kota dan perdesaan merasa kecewa karena warga atau pemudik menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.
    Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Komunikasi Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan 60 unit armada angkutan umum dalam kota dan 60 unit angkutan umum trayek antarkota dalam provinsi untuk melayani arus mudik maupun balik Lebaran 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com