• SULTENG Masuk 15 Daerah Rawan Narkoba

    0

    Palu, jurnalsumatra.com – Provinsi Sulawesi Tengah termasuk salah satu dari 15 daerah di Indonesia yang dinyatakan rawan terhadap narkoba dan sebagian masyarakatnya terkontaminasi barang haram tersebut.
    Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, di Palu, Sabtu, saat menyampaikan sambutan pada peringatan hari Anti Narkoba Internasional menyatakan berdasarkan angka prevalensi jumlah pecandu narkoba berkisar di angka 1,90 persen atau sekitar 39.000 jiwa lebih dari total jumlah penduduk Sulawesi Tengah.
    “Dengan demikian Sulawesi Tengah masih marak dan rawan terhadap narkoba, jika dilihat dari angka prevalensi 1,90 persen atau sekitar 39.000 pecandu narkoba mulai dari usia 10 – 59 tahun,” kata Longki Djanggola tanpa memerinci 15 daerah yang masuk rawan narkoba tersebut.
    Sementara itu, kata Longki Djanggola, berdasarkan angka prevalensi nasional jumlah pecandu narkoba di Indonesia berkisar di angka 2,80 persen, atau sekitar 5 juta jiwa dari penduduk Indonesia.
    Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peredaran barang haram tersebut dengan segala macam jenisnya, masih marak beredar di masyarakat yang membuat hancur masyarakat dan generasi muda.
    Kondisi tersebut, tegas dia, tidak dapat dibiarkan oleh pemerintah, yang menyebabkan masyarakat dan generasi muda terkontaminasi secara terus menerus dan berulang – ulang.
    Oleh karena

    itu, pemerintah dengan segala mitranya termasuk pihak kepolisian perlu membangun sinergitas yang baik, untuk menanggulangi dan membasmi peredaran narkoba di Sulawesi Tengah.
    “Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, dikarenakan narkoba sangat mengancam masyarakat dan masa depan generasi muda. Karena itu perlu ada penanganan secara bersama – sama antar pemerintah dan pihak – pihak terkait,” ujarnya.
    Selain itu Longki Djanggola juga mengharapkan keterlibatan peran komponen masyarakat utamanya peran keluarga dalam membendung keluarganya dilingkungan sendiri dari bahaya narkoba.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com