• Raonic dan Halep mengundurkan diri dari Olimpiade

    0

    London, jurnalsumatra.com – Finalis Wimbledon Milos Raonic dan petenis putri peringkat kelima dunia Simona Halep mengundurkan diri dari Olimpiade Rio bulan depan karena khawatir terhadap virus Zika.

    Mereka, bersama dengan dua kali juara Australia Terbuka Victoria Azarenka, yang sedang hamil, tidak akan melakukan perjalanan ke Rio de Janeiro bahkan meski mereka dimasukkan ke dalam daftar peserta final yang dikeluarkan oleh Federasi Tenis Internasional (ITF) pada Jumat.

    Petenis dengan servis keras Raonic, yang kalah dari Andy Murray pada pertandingan kategori putra di All England Club pada Minggu lalu, menjadi petenis pertama yang menarik diri dari Olimpiade yang akan berlangsung pada 5 sampai 21 Agustus karena kecemasan terhadap virus Zika.

    “Dengan berat hati saya mengumumkan pengunduran diri saya dari partisipasi di Olimpiade Rio 2016,” kata petenis peringkat tujuh dunia Raonic (25), dalam pernyataan yang dirilis Tennis Canada.

    “Setelah banyak pertimbangan dengan keluarga dan pelatih saya, saya mengambil keputusan ini dengan mencermati urusan kesehatan termasuk ketidak pastian seputar virus Zika,” tambahnya seperti dikutip Reuters.

    Virus Zika, yang oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dikatakan menyebar dengan pesat di Benua Amerika, telah dikaitkan dengan bayi yang lahir dalam kondisi cacat yang parah dari perempuan yang telah terinfeksi, dan kemungkinan masalah-masalah neurologis pada orang dewasa.

    Halep, yang pada bulan lalu mengatakan kepada Reuters bahwa ia “sangat khawatir” terhadap dampak-dampak jangka panjang virus Zika, berkonsultasi dengan banyak dokter sebelum mengumumkan keputusannya tidak lama setelah Raonic.

    “Saya menyesal untuk mengumumkan bahwa saya telah memutuskan untuk tidak berkompetisi di Olimpiade. Alasan keputusan saya adalah kecemasan terhadap bahaya yang disebabkan virus Zika,” kata Halep, runner up Prancis Terbuka pada 2014, melalui halaman Facebooknya.

    “Setelah beberapa pembicaraan dengan para dokter dan keluarga saya, saya menyimpulkan bahwa risikonya terlalu tinggi untuk karier dan untuk kesehatan saya, khususnya sebagai perempuan. Keluarga lebih penting bagi saya dan saya tidak dapat mengambil risiko untuk membahayakan salah satunya ketika karier saya di tenis telah selesai.”

    “Saya tahu Olimpiade merupakan ajang yang sangat penting dan saya benar-benar menyesali situasi ini. Saya berharap (Komite) Olimpiade Romania dan Komite Olahraga serta seluruh warga Romania akan menghormati keputusan saya.”

    “Saya akan terus bermain, untuk dapat dengan bangga mewakili Romania di sebanyak mungkin ajang.”

    Raonic dan Halep bergabung dalam daftar yang terus bertumbuh dari para atlet yang menarik diri dari Olimpiade Rio akibat kecemasan terhadap masalah kesehatan yang dipicu dengan merebaknya virus Zika di Brasil, termasuk sejumlah pegolf papan atas putra.

    Petenis Belarus Azarenka juga mengurangi kekuatan bintang di Olimpiade, ketika petenis peringkat keenam dunia itu mengatakan pada Jumat bahwa dirinya akan absen pada sisa musim karena tengah mengandung.

    Raonic, yang tersingkir di putaran kedua Olimpiade London 2012 akibat kalah dari petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga, mengatakan ia berharap keputusannya tidak akan mempengaruhi yang lain.

    “Ini merupakan keputusan pribadi yang sulit, dan saya tidak berharap hal ini mempengaruhi atlet lain manapun menuju ke Olimpiade,” tutur Raonic.

    “Saya sangat bangga dapat bersaing untuk Kanada di Olimpiade musim panas London 2012, dan di panggung dunia pada sejumlah ajang Piala Davis. Saya tidak sabar untuk mendukung tim Kanada pada musim panas ini.”(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com