• Puskesmas Biak Disiapkan Satelit ARV HIV/AIDS

    0

        Biak, jurnalsumatra.com – Manajemen Puskesmas Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan ruang VCT menjadi satelit antiretroviral (ARV) bagi pasien yang terdeteksi positif mengidap HIV/AIDS.
    “Tim medis pengelola VCT Puskesmas Biak Kota sudah lengkap sehingga target menjadikan satelit ARV bagi odha bisa direalisasikan pada 2017,” ungkap Kepala Puskesmas Rewang Naftali di Biak, Jumat.
    Ia mengakui keberadaan VCT Puskesmas Biak Kota sangat vital mengingat seringkali menjadi pilihan warga untuk melakukan pemeriksaan sukarela mengenai penyakit menular HIV/AIDS.

        Menyinggung fasilitas dan tenaga medis VCT, menurut Kepala Puskesmas Biak Kota Rewang Naftali, sudah lengkap dengan tenaga dokter, laboratorium, konselor serta tenaga medis penunjang lain.
    Rewang berharap dengan VCT awal ditangani Puskesmas, akan sangat membantu kesadaran warga untuk melakukan tes HIV adalah suatu tes darah yang digunakan untuk memastikan apakah seseorang positif mengidap atau tidak penyakit menular ini.
    Kasus HIV di wilayah Puskesmas Biak Kota, menurut Rewang, pada tiga bulan terakhir sebanyak lima kasus, dua diantaranya sudah meninggal.
    “Penularan penyakit HIV/AIDS lebih dominan melakukan hubungan seksual, ya semua stake holder kesehatan terus melakukan sosialisasi tentang pencegahan penyakit menular HIV/AIDS,” demikian Rewang Naftali.
    Berdasarkan data keseluruhan pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Biak Numfor mencapai 1.670 kasus dan 451 diantaranya sudah meninggal.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com