• Potensi Pajak Selama Lebaran Sangat Besar

    0

    Malang, jurnalsumatra.com – Anggota Komisi B DPRD Kota Malang Ya’qud Ananda Gudban memprediksikan potensi pajak selama musim Lebaran 2016 sangat besar karena sejumlah objek pajak seperti restoran, hotel, dan hiburan menunjukkan gejala peningkatan.
    “Musim Lebaran dan momen libur panjang sudah terasa sejak beberapa hari lalu, banyak wisatawan maupun pemudik memadati Kota Malang. Kondisi itu tentu memberikan harapan tersendiri bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari beberapa sektor, khususnya pajak,” kata Ya’qud di Malang, Jawa Timur, Kamis.
    Ketua Partai hanura itu mengatakan beberapa objek pajak yang dipastikan meningkat pendapatannya adalah pajak restoran, hotel, pajak parkir, dan hiburan. “Harapan kami pada momen Lebaran dan libur panjang ini ada peningkatan PAS, sebab secara kasat mata peluang itu terbuka lebar,” urainya.
    Selain pajak, lanjutnya, jumlah kunjungan wisatawan di daerah ini dari tahun ke tahun juga meningkat. Indikasinya, hampir seluruh hotel di Kota Malang “fully booked”, restoran yang bertebaran di kota ini juga selalu dipadati pengunjung yang secara otomatis pendapatan pajak-pajak tersebut akan meningkat.
    “Kami percaya dan sangat optimistis, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) bisa memaksimalkan pendapatan, meski kemungkinan adanya penurunan pendapatan juga akan terjadi karena adanya pencabutan beberapa Perda yang berkaitan dengan pajak,” paparnya.
    Sementara itu, Kepala Dispenda Kota Malang Ade Herawanto menyatakan untuk memacu dan memaksimalkan perolehan PAD tersebut, pada momen libur Lebaran, pihaknya tetap mensiagakan jajaran dan staf.
    “Dispenda membentuk tim yang bekerja pada libur Lebaran, dengan tujuan pajak hiburan, restoran, hotel dan parkir tidak menguap begitu saja karena petugas tidak siaga,” katanya.
    Selama momen Lebaran, petugas pajak Dispenda Kota Malang tidak libur dan siaga untuk menerima pembayaran pajak warga secara bergantian.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com