• Polres Bangkalan Perluas Penyelidikan Korupsi Dana Desa

    0

        Bangkalan, jurnalsumatra.com – Polres Bangkalan, Jawa Timur, memperluas penyelidikan dugaan korupsi dana desa hingga ke semua kecamatan di wilayah itu.
    “Langkah ini untuk memastikan ada tidaknya praktik korupsi yang dilakukan oknum di masing-masing desa, mengingat beberapa hari lalu menangkap oknum yang memotong dana desa,” kata Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha di Bangkalan, Jumat.
    Kapolres menjelaskan di Bangkalan terdapat sebanyak 273 desa yang tersebar di 18 kecamatan.
    Polres, kata dia, juga telah memerintah polsek membentuk tugas reskrim Polres Bangkalan mengendus praktik korupsi.
    “Kita tidak ingin program baik pemerintah pusat yang menyalurkan dana desa untuk kemajuan pembangunan di desa direcoki oleh segelintir oknum,” katanya, menjelaskan.
    Alokasi dana desa untuk Kabupaten Bangkalan oleh pemerintah pusat tahun ini sebesar Rp177 miliar.
    Masing-masing desa mendapatkan jatah dana desa antara Rp600 hingga Rp700 juta, sesuai dengan jumlah penduduk, dan luas wilayah.

        Dalam pelaksanaannya, pencairan dana desa itu justru dipotong oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan dalih untuk uang pengamanan.
    Salah satunya seperti yang terjadi di Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan.
    “Pada 18 Juli 2016 kemarin, kami telah melakukan penangkapan dengan tersangka oknum PNS di Kecamatan Tajung Bumi,” terang kapolres.
    Beberapa hari kemudian, Camat Tanjung Bumi juga ditangkap Tim Reskrim Polres Bangkalan, karena berdasarkan hasil penyidikan yang bersangkutan ikut terlibat dalam praktik penggelapan dana desa itu.
    “Jadi sekarang ini sudah ada dua tersangka yang dalam kasus korupsi dana desa tersebut, dan tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka bisa bertambah, jika ada pihak lain yang juga terlibat,” katanya, menambahkan.
    Oleh karenanya, kapolres meminta agar aparat, baik pegawai kecamatan maupun kepala desa tidak melakukan praktik jelek itu, karena dana desa merupakan uang negara dan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com