• Politeknik Pariwisata Palembang Tak Batasi Usia Mahasiswa

    0

        Palembang, jurnaslumatra.com – Politeknik Pariwisata atau Poltekpar yang baru di buka di Kota Palembang mulai menerima mahasiswa baru secara daring untuk angkatan pertama tahun 2016/2017.
    Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Senin, mengatakan Poltekpar yang dibangun atas kerja sama Kementerian Pariwisata bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan itu tidak akan membatasi usia calon mahasiswa.
    Sebanyak 208 kursi tersedia bagi angkatan pertama tahun 2016/2017.
    Irene yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel menjelaskan Poltekpar Palembang hanya memberlakukan syarat umum bagi pelamar seperti ijazah SMA, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan surat keterangan kesehatan.
    Calon mahasiswa bisa melamar lewat daring atau mendatangi Sekretariat di Disbudpar Sumsel Lantai II, Jalan Demang  Lebar Daun di sebelah RS Siti Khadijah Palembang.
    Menurut Irene, Poltekpar Palembang dibuka untuk memenuhi tingginya kebutuhan SDM di industri pariwisata dan perhotelan di Palembang.
    Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang akan mempelajari kurikulum yang dibagi menjadi 50 persen praktik dan 50 persen teori.

        “Kita sediakan dua jurusan dengan empat program studi (Prodi) sesuai kebutuhan, karena mahasiswanya nanti belajar ilmu terapan,” katanya.
    Empat program studi di bawah dua jurusan itu yakni jurusan Hospitaliti dengan Prodi Tata Hidang serta Seni Kuliner dan Divisi Kamar.
    Sedangkan jurusan Perjalanan membawahi Prodi Pengelola Konvensi dan Acara.
    Jurusan Hospitaliti menawarkan program Diploma III sedangkan jurusan perjalanan dengan Diploma IV.
    Menurut Irene, prodi tersebut dipilih untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata.
    “Empat hal yang harus dilakukan untuk memajukan pariwisata yakni destinasi, promosi, industri pariwisata dan SDM. Pemerintah sedang memastikan keempat hal ini berjalan dan maju beriringan,” katanya.
    Ia menambahkan Poltekpar Palembang merupakan lembaga pendidikan “plat merah” (milik pemerintah) di bawah Kemenparekraf dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung ditunjuk untuk menyusun materi nonfisik seperti akademik hingga menyiapkan tenaga pengajar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com