• PLTMH Buleleng Perkuat Pasokan Listik Bali Utara

    0

    Singaraja, jurnalsumatra.com- Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng, Bali, yang dibangun di areal irigasi warga di daerah itu siap memperkuat pasokan listrik Bali Utara.
    “PLTMH kami perkirakan dapat menghasilkan kapasitas listrik mencapai 2,3 Mega Watt (MW). Kapasitas sebesar itu cukup menerangi ribuan rumah di daerah wisata Sambangan,” kata Direktur PT Panji Muara Jaya, Andri Doni, Senin.
    Ia mengatakan, dewasa ini energi terbarukan mini hidro adalah aset menunjang kebutuhan listrik di masa mendatang terlebih lagi, PLTMH Sambangan merupakan yang pertama di Pulau Dewata.
    Ia menambahkan, pembangunan PLTMH telah mencapai 92 persen, kedepan akan memanfaatkan aliran air mengalir sehingga  tidak merusak lingkungan di daerah itu.
    “Debit air dihasilkan sangat tinggi dan  air irigasi digunakan warga sejak dulu, dimana air itu berasal dari aliran bawah Danau Buyan dan Tamblingan,” ujar  Andri Doni.
    Pihaknya mengklaim PLN di tingkat pusat mendukung proyek PLTMH Desa Sambangan. “Tidak menutup kemungkinan ke depan digunakan sebagai proyek percontohan,” katanya.
    “PLN berencana mengkomersilkan mini hidro ke sektor pariwisata. Hotel yang menerapkan energi bersih lingkungan akan diberi plakat dan sertifikat,” tandasnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com