• Plt Bupati OI Launching Pilkades Serentak

    0

    3490229d-a4f9-4f19-9424-039db6d0c8b8INDRALAYA, jurnalsumatra.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam melaunching Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten OI, senin (25/07/2016) bertempat di gedung caram seguguk Tanjung Senai.

    Dalam pelaksanaan nantinya dirinya memastikan bahwa nantinya bagi para peserta pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten OI bebas dari narkoba.

    “Dalam hal pelaksanaan pilkades nanti kita akan melibatkan pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OI yang diberikan mandat sepenuhnya dalam melakukan proses administrasi peserta Pilkades bebas narkoba,” Imbuhnya.

    Dari total berjumlah 241 desa, sebanyak 175 desa yang tersebar di-16 kecamatan dalam lingkungan Kabupaten OI dijadwalkan akan menyelenggarakan pelaksanaan Pilkades serentak pada 12 Oktober 2016 mendatang.

    ” Diharapkan nantinya pelaksanaan pilkades berjalan dengan lancar karena pilkades merupakan sarana pemersatu masyarakat dan bukan untuk terpecah belah. Sehingga melalui pelaksanaan Pilkades serentak ini, dapat menghasilkan pemimpin yang dapat memajukan pembangunan desa di Kabupaten OI,” Harapnya.

    Sementara itu, Eddy Demang selaku Kabid Pemerintah Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) OI sekaligus koordinator pelaksanaan Pilkades mengatakan bahwa persyaratan bagi peserta yang akan mengikuti Pilkades secara administrasi harus berdomisili di Kabupaten OI dengan dibuktikan kepemilikkan kartu keluarga (KK), KTP berasal dari Kabupaten OI.

    “Berdasarkan aturan kesepakatan bersama, tentu bagi peserta calon kades yang mengikuti Pilkades harus berdomisili di Kabupaten OI, diluar dari ketentuan tersebut, peserta dinyatakan diskualifikasi atau tak memenuhi syarat,” Katanya.

    Masih kata Eddy demang, apabila peserta Pilkades bertempat tinggal (domisili) diluar Kabupaten OI. Namun, secara administrasi data kependudukkan tertera di Disdukcapil dengan disertai KTP Ogan Ilir. Maka, peserta tersebut bisa mengikuti Pilkades serentak.

    “Mau dia berdomisili dimanapun, baik Palembang maupun diluar Kabupaten OI, asalkan dia (peserta pilkades) memiliki KK dan KTP Kabupaten OI, tetap bisa diikutsertakan. Yang jelas, syarat utama, peserta harus ber-KTP Kabupaten OI,” Terangnya. (Edi)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com