• Petani Diminta Kembangkan Tanaman Selain Padi

    0

    Kuala Pembuang, Kalteng, jurnalsumatra.com- Petani di Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah diminta mengembangkan tanaman selain padi untuk mewujudkan tersedia keanekaragaman pangan di wilayah tersebut.
    “Kami berharap petani padi juga menanam tanaman lain di sela-sela tanaman padi, pada bantaran atau pembatas sawah yang mereka miliki,” kata Bupati Seruyan Sudarsono, di Kuala Pembuang, Kamis.
    Ia mengatakan, mengembangkan tanam yang beraneka ragam dengan pola tanam tumpang sari secara ekonomis sangat menguntungkan bagi petani, karena selama ini sebagian besar komoditas pertanian masih mengandalkan pasokan dari luar daerah.
    “Dengan mengembangkan tanaman selain padi, maka kesejahteraan petani juga akan semakin meningkat,” katanya pula.
    Bupati yang terpilih lewat jalur perseorangan itu menyatakan, mayoritas petani di Seruyan hanya terfokus mengembangkan tanaman padi saja, dan hanya sedikit yang sudah menerapkan pola tanam tumpang sari sehingga lahan pertanian belum berfungsi secara maksimal.
    Selain itu, karena hanya terbiasa bertanam padi maka banyak petani yang tidak memanfaatkan lahannya untuk menanam tanaman lain, khususnya pada musim kemarau.
    “Seharusnya petani lebih kreatif dan inovatif, seperti mencari alternatif tanaman bernilai ekonomis yang dapat ditanam saat kemarau sehingga lahan itu tetap dapat menghasilkan tanpa bergantung pada cuaca,” katanya lagi.
    Orang nomor satu di “Bumi Gawi Hatantiring” ini mengingatkan agar petani memilih tanaman selain padi yang cocok dikembangkan sesuai kondisi tanah dan musim.
    Seperti pada musim kemarau, selain memiliki nilai ekonomis, petani hendaknya memilih tanaman yang bisa bertahan pada kondisi cuaca panas dan kering.
    “Kami juga meminta kepada instansi terkait untuk melakukan penelitian terhadap tanaman selain padi yang memiliki nilai ekonomis dapat dikembangkan oleh petani, menyesuaikan dengan kondisi lahan serta cuaca di Seruyan,” katanya pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com