• Perkara Narkoba Terbanyak Dilimpahkan Ke Kejari

    0

         Padang Aro, jurnalsumatra.com – Perkara pidana umum yang banyak dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, berupa penyalahgunaan narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba).
    “Selama Januari hingga Juli 2016, sudah delapan perkara narkoba yang telah dilimpahkan ke Kejari Padang Aro. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibanding dari tahun lalu sebanyak lima perkara,” kata Kepala Kejari Padang Aro, Endang Nurhidayat usai upacara peringatan hari Adhyaksa ke-56 di Padang Aro, Jumat.
    Sementara perkara pidana umum lainnya yang banyak masuk ke Kejari adalah perkara tindak pidana pencabulan yang korbannya adalah anak-anak di bawah umur. “Untuk pencabulan sebanyak lima perkara,” ujarnya.
    Perkara perjudian, tambahnya, juga menonjol di Solok Selatan. Hingga pertengahan Juli, sebutnya, sudah lima perkara yang diserahkan pihak kepolisian ke Kejari Padang Aro.
    “Perkara perjudian lima perkara,” sebutnya.
    Ia menerangkan pemberantasan penyalahgunaan narkoba bukan hanya tugas kepolisian dan Badan Narkoba Kabupaten (BNK), melainkan juga perlu peran aktif instansi pemerintahan lainnya, seperti kejaksaan, serta masyarakat.

         Ia mengatakan melalui Jaksa Masuk Sekolah (JMS), Kejari memberikan sosialisasi dampak dan bahaya jika mengonsumsi narkoba. “Ini bentuk upaya kita untuk menyelamatkan generasi muda,” ujarnya.
    Ia menambahkan dari usia para terdakwa perkara narkoba yang telah diserahkan ke Kejari Padang Aro, mereka mayoritas masih usia produktif.
    Sementara ketika disinggung terkait penangganan tidak pidana khusus, menurutnya, kini korps Adhyaksa tersebut tengah membidik dua kasus dugaan korupsi, yakni proyek pekerjaan jalan dari Dinas Pekerjaan Umum di Tanah Galo Kecamatan Sangir Batanghari. Pengerjaan itu pada 2015.
    Selain itu perkara Proyek Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) di Kecamatan Pauh Duo pada akhir tahun 2014.
    “Kedua (perkara) itu masih dalam tahap penyidikan,” ujarnya.
    Dalam memeriahkan HUT Adhyaksa pada 22 Juli 2016, tambahnya, Kejari Padang Aro menggelar pelbagai kegiatan, seperti jalan sehat, anjangsana, menyantuni anak yatim piatu, donor darah yang dilakukan sejak 19 Juli hingga 22 Juli 2016.
    Kegiatan dalam memeriahkan HUT Adhyaksa ke-56 ini diikuti oleh keluarga besar Kejari Padang Aro.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com